PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ITEBA Gandeng FMIPA ITB Hasilkan Lulusan Matematika dan Sains Terbaik
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 07-03-2020 | 19:16 WIB
MoA-ITEBA-FMIPA-ITB.jpg honda-batam
Penandatanganan MoA ITEBA dengan FMIPA ITB. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Institut Teknologi Batam (ITEBA) melakukan pendatanganan Memorandum of Agreemant (MoA) dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rektor ITEBA, M Sukrisno Mardiyanto mengatakan, kerja sama dengan FMIPA ITB ini berupa pengembangan dasar matematika dan sains. "Untuk teknologi, sangat memerlukan ilmu sains," kata Sukrisno di ITEBA, Sabtu (7/3/2020).

Diungkapkannya, kerja sama lainnya juga berupa pengembangan program studi (prodi) matematika terapan. Walaupun saat ini secara nomenklatur kata Sukrisno belum ada diatur. "Matematika terapan disini diarahkan ke matematika keuangan," ujarnya.

Dengan demikian lulusan dari ITEBA bisa bekerja dalam industri jasa keuangan, misalnya bekerja di Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan lainnya. Karena menurut Sukrisno lulusan dari keilmuan tersebut sangat dibutuhkan.

Selain kerja sama dengan FMIPA ITB, Sukrisno juga menyebutkan ada kerjasama dengan yang lain yaitu dengan pihak Apple untuk program Apple Development Academy. "Program ini sejalan dengan yang dicanangkan mendibud saat ini," tegasnya.

Sementara Dekan FMIPA ITB, Edy Tri Baskoro, mengatakan kerjasama dengan ITEBA berkaitan dengan pengadaan laboratorium. Di mana untuk para ahlinya disediakan oleh pihak ITB.

"Ini termasuk peranan penting dalam membentuk program engineering, harus ada dasar kuat, matematika dan fisika," ujar Edy.

Dalam jangka waktu dekat ini, ada mata kuliah kimia dan fisika, sehingga membutuhkan praktikum untuk menunjang kedua ilmu tersebut.

Lalu dalam jangan panjang, pihaknya bersama ITEBA tetap mengawal kerjasama untuk menguatkan dasar matematika dan IPA. "Selanjutnya bisa juga mahasiswa ITEBA mendapatkan kesempatan untuk kuliah di ITB, ataupun dosen ITB akan mengajar disini," ungkapnya.

Ketua Yayasan Vitka yang menanungi ITEBA, Asman Abnur menambahkan sangat menyambut baik kolaborasi kedua universitas ini. Menurutnya semangat kerjasama bisa dapat menghasilkan kesempatan yang luar biasa bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri.

"Kita jangan mau kalah dengan universitas luar, dengan ongkos yang murah kita bisa menghasilkan hasil yang sama," ujar Asman.

Editor: Gokli