Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim Natuna dan UI Berbagi Pengetahuan Virus Corona
Oleh : Kalit
Rabu | 26-02-2020 | 14:08 WIB
ui-kodim-natuna-corona.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana bersama Ketua Tim dari universitas Indonesia (UI), Dr. Albert Roring di Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Ketua Tim dari universitas Indonesia (UI), Dr. Albert Roring hadir di Natuna untuk memberikan sosialisasi terkait infeksi virus Corona dan Coronavirus terhadap masyarakat Natuna di Aula Kelurahan Bandarsyah, Ranai (26/2/2020).

Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana secara resmi membuka
kegiatan bertajuk "UI Peduli CoroNatuna" itu dengan tema, "Aksi Satukan Hati, Peduli dan Berbagi".

"Setelah berkomunikasi dengan Dr. Albert Roring, ternyata, Unerversitas Indonesia sangat peduli dengan Natuna, mereka ingin memberikan penjelasan tentang virus covid 19 agar masyarakat Natuna tidak khawatir," ujar Letkol Ferry, Rabu (26/2/2020).

Diuraikan Letkol Ferry, tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat Natuna tidak menjadi was was, kita harus mengenal apa itu virus Corona, bagaimana penularannya dan bagaimana pencegahannya.

"Saat ini, tim dokter dari UI hadir khusus ke Natuna, banyak yang perduli terhadap masyarakat Natuna selepas aksi kemanusiaan 238 WNI dari Wuhan diobservasi di Natuna," tutur Letkol Ferry.

Sementara itu, Dr. Albert Roring menyampaiakan, selain aksi kemanusiaan, kegiatan adalah merupakan kewajiban Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian dengan masyarakat.

"Fakultas Kedokteran dan Kemasyarakatan berjumlah 7 dokter akan bersosialisasi kepada masyarakat Natuna selama 3 hari di Natuna," tutur Dr. Albert Roring.

Kemudian, bagian dari tim UI Peduli CoroNatuna, dr.Olin, saat sosialisasi melontarkan pertanyaan, bolehkah menerima kiriman paket dari China? Jawaban tentu boleh!

Dr Olin menerangkan, virus Covid 19 hanya mampu bertahan beberapa menit, bahkan untuk suhu di Indonesia, Virus tersebut hanya mampu bertahan beberapa detik saja.

dr. Olin juga menjelaskan, penularan virus Corona hanya beberapa meter, saat ada bersih atau pun batuk, dipastikan tidak akan menular terbawa angin hingga jarak jauh.

"Virus akan mati sendiri, pada iklim panas, virus hanya mampu bertahan sekian detik, kita beruntung dengan kondisi cuaca di Indonesia," jelas dr. Olin.

Selain itu, dr Olin juga menyampaikan, Virus Corona berasal dari Wuhan Negara China yang saat ini mendapat perhatian dunia setelah badan kesehatan Internasional, WHO menetapkan Siaga 1 virus Corona.

Pencegahannya, lanjut dr Olin, pola hidup sehat, seperti cuci tangan salah satu tindakan pencegahan virus Corona. Terkait obat virus Corona, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari WHO. Namun, dr Olin menegaskan, kondisi tubuh merupakan perisai virus.

"Seperti batuk dan flu, virus, kalau badan kita kuat, dengan sendirinya sembuh, kita harus jaga kebersihan, pola hidup sehat dengan asupan makanan bergizi," paparnya.

Dalam aksi kemanusiaan ini, Lurah Bandarsyah Suhardi, melalui sekretaris Diskes Uray Darma Nita juga turut andil memberikan sosialisasi dan pengetahuan mengenai dampak virus Covid 19 terhadap Masyarakat Kelurahan Bandarsyah dan kelurahan Batu Hitam.

Editor: Dardani