Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Salah Ambil Formasi, Dua Peserta Tes CPNS Lingga Gugur
Oleh : Wandy
Selasa | 25-02-2020 | 17:40 WIB
tes-lingga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelamar CPNS saat mengikuti ujian di Kabupaten Lingga, Selasa (25/2/2020). (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dua orang peserta tes CPNS Kabupaten Lingga dinyatakan gugur. Pasalnya dua orang tersebut salah dalam mengambil formasi.

"Mereka yang dinyatakan gugur karena salah mengambil formasi. Dengan kondisi fisik yang sehat, mereka malah mengambil formasi untuk disabilitas," kata Kasubbid Pangadaan dan Pemberhentian BKPSDM Kabupaten Lingga, Ibnu Sugito, Selasa (25/2/2020).

Ibnu mengatakan, total peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 1.124 yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). "Dari 164 formasi yang dibutuhkan hanya 122 formasi yang kemungkinan akan terisi. Masih banyak formasi kosong yang tidak ada pendaftarnya," terang Ibnu.

Kabupaten Lingga menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bertempat di Aula Kantor Bupati Lingga yang dibuka Wakil Bupati Lingga M Nizar.

Menurut Nizar, dengan menggunakan sistem CAT ini para peserta tidak ada lagi anggapan bahwa mereka lulus karena adanya istilah orang dalam. "Sebab penggunaan sistem CAT ini berdasarkan kemampuan yang mereka miliki sendiri. Pasalnya pertanyaan dan jawabannya dipastikan tidak akan ada yang sama. Jadi mereka harus benar-benar bekerja mandiri," ungkap Nizar.

Nizar menuturkan, dengan menggunakan sistem komputer yang semakin hari semakin baik ini diharapkan mampu melahirkan ASN yang kompetitif.

"Yang artinya mereka siap bersaing dan siap bekerja di manapun, berdasarkan tempat yang mereka pilih berdasarkan jurusan masing-masing," jelasnya.

Untuk diketahui dari luar ruang ujian, pengamanan yang cukup ketat dari Satpol PP dan kepolisian. Selain itu juga disiagakan tim medis demi mengantisipasi para peserta ujian yang bermasalah dengan kesehatan saat di lokasi test.

Dan para calon peserta ujian dapat menyaksikan live score pada monitor yang telah disediakan panitia di sekitar lokasi ujian.

Untuk informasi, nilai para peserta ujian sudah bisa dipantau langsung di luar ruangan secara real time tanpa harus menunggu para peserta menyelesaikan ujiannya.

Editor: Gokli