PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penampilan Reog di Dreamland Batam Meriah
Oleh : Redaksi
Senin | 24-02-2020 | 14:04 WIB
reog-pacitan-pkp.jpg honda-batam
Pagelaran seni reog Singo Joyo Manunggal di Dreamland Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka melestarikan budaya nusantara, maka pada hari ulang tahun ke-3 Group Reog Singo Joyo Manunggal, yang digagas Paguyuban Warga Pacitan Sagulung-Batam bekerjasama dengan PT. PKP (Putera Karyasindo Prakarsa) menggelar Pertunjukan Seni, Sabtu, (22/02/2020) sejak pukul 20.00 hingga 23.59 WIB di Kawasan Dreamland lebih tepatnya area Kinos Cinema Dreamland Square, Marina City, Batam.

Kawasan Dreamland sendiri merupakan Kawasan Mandiri seluas 50 Hektar yang dikembangkan oleh PT. PKP menghadirkan 5 (lima) proyek yaitu Dreamland City, Dreamland Square, Dreamland 1, Dreamland 2, dan Dreamland Park yang dilengkapi berbagai fasilitas yaitu Pasar, Plaza, Waterboom, Playground, Kinos Cinema, Outdoor Cinema, Kinos Futsal, dan Foodcourt. Dreamland sangat membuka kerjasama kepada siapapun yang ingin menggelar pertunjukan maupun acara di lokasi ini.

Pimpinan Proyek Dreamland Square, M. Afif Ridwan mengatakan, kami ucapkan selamat ulang tahun yang ke-3 untuk group Reog Singo Joyo Manunggal.

Terima kasih atas kerjasamanya berkenan menggelar pertunjukan seni Reog Ponorogo yang merupakan warisan budaya nasional yang telah diakui dunia melalui UNESCO. Kami berharap pertunjukan ini dapat menghibur masyarakat, mengenalkan seni Reog kepada generasi anak-anak dan pemuda agar kedepan dapat turut melestarikannya.

Rangkaian pertunjukan reog Seni Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian diawali tarian sebanyak empat pria gagah berani dengan pakaian serba hitam dan muka dipoles warna merah membawakan tarian pertamanya. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani.

Selanjutnya empat gadis yang menaiki kuda melanjutkan tarian reog. Sebagai tarian pembukanya, empat anak muda dan dua anak kecil membawakan tarian dengan berbagai adegan lucu yang disebut Bujang Ganong atau Ganongan.

Setelah mereka membawakan tarian pembukaan, ditampilkan adegan inti yaitu seni reog ditampilkan.

Adegan dalam seni reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi. Disini selalu ada interaksi antara pemain dan dalang, kadang-kadang dengan penonton. Yang lebih dipentingkan dalam pementasan seni reog adalah memberikan kepuasan kepada penonton. Adegan terakhir adalah pertunjukan singa barong (reog).

Pemain memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat topengnya bisa mencapai 50-60 kg. Mereka membawa topeng tersebut dengan giginya.

Kemampuan membawakan topeng ini selain diperoleh dengan latihan yang berat, juga dipercaya diperoleh dengan latihan spiritual seperti puasa dan tapa.

Editor: Dardani