PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kampanye Keamanan Penerbangan, Bandara Dabo Gelar Safety Campaign 2020
Oleh : Wandy
Senin | 24-02-2020 | 09:40 WIB
bandaradaik-campaign1.jpg honda-batam
Safety Campaign 2020 Bandara Dabo, Kabupaten Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Dabo Singkep kampanyekan keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan melalui Safety Campaign 2020 di lapangan merdeka Dabo Singkep, Minggu (23/2/2020).

Kampanye Safety Campaign 2020 diisi dengan jalan santai dengan rute dari Lapangan Merdeka Dabo, pasar lama, simpang sakura, menuju kedai aisah dan kembali lagi ke lapangan merdeka.

Pantauan di lapangan tampak ribuan masyarakat Kabupaten Lingga khususnya di Kecamatan Singkep antusias mengikuti jalan santai.

Kepala UPBU Kelas III Dabo Singkep, Andy Hendra Suryaka mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan hiburan sekaligus sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan dalam penerbangan.

"Kita mengundang seluruh masyarakat lingga ini dengan tujuan untuk memberikan hiburan sekaligus mengedukasi masyarakat agar lebih memahami ketika mereka menggunakan pesawat udara," kata Andy

Menurut Andy, perkembangan bandara dabo ini sudah sangat berkembang yang awalnya pesawat kecil sekarang sudah ditambah dengan menggunakan pesawat ATR 72.

Tentunya hal itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Selain itu tentang apa-apa saja larangan yang tidak boleh digunakan saat penerbangan.

"Ketika mereka membawa barang bawaan seperti durian misalnya tentunya hal itukan yang dilarang, maka perlu di edukasi dan di sosialisasikan ke masyarakat sehingga mereka lebih memahami," jelas Andy

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Rudi Rikardo mengapresiasi upaya safety campaign yang dilakukan oleh Bandara Dabo Singkep dalam mensosialisasikan akan pentingnya keamanan dan keselamatan dalam penerbangan.

"Kita apresiasi atas apa yang dibuat oleh bandara dabo dalam memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya keamanan dan keselamatan," katanya

Menurut Rudi, pada prinsipnya ia ingin penerbangan itu meningkat tapi untuk meningkat itu harus terpenuhi unsur keamanan dan keselamatan.

"Kalau penerbangan itu meningkat mudah-mudahan ekonomi masyarakat pasti meningkat," bebernya.

Rudi menjelaskan untuk saat ini penerbangan di Kabupaten Lingga baik. Sebab berdasarkan grafik statistik baik yang sifatnya komersial maupun yang perintis meningkat.

"Jadi dengan frekuensi yang semakin meningkat tahapan master plan nya juga harus jelas," katanya.

Editor: Yudha