PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigrasi Tanjungpinang Kabulkan Perpanjangan Izin Tinggal 58 WN China
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-02-2020 | 19:28 WIB
imigrasi-tpi2.jpg honda-batam
Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Imigrasi Kota Tanjungpinang mencatat sebanyak 58 orang Warga Negara China mengajukan perpanjangan izin tinggal dalam kondisi terpaksa terkait virus corona.

Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Irwanto Suhaili menyampaikan, pihaknya sudah mengabulkan permohonan sebagian WN China tersebut. "Sebagian lagi masih proses," katanya, Jumat (21/2/2020) seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Perpanjangan izin tinggal dalam kondisi terpaksa diberikan hingga akhir Februari 2020. Kemudian pemohon dapat ajukan kembali kepada pihak Imigrasi.

"Kami berikan perpanjangan izin tinggal sesuai kondisi," ujarnya.

Irwanto menjelaskan, jumlah tenaga kerja asing di Tanjungpinang hanya 4 orang, sedangkan di Kabupaten Bintan yang masih berada di wilayah kerja Imigrasi Tanjungpinang sebanyak 300 orang. Sebanyak 293 orang yang bekerja di sejumlah perusahaan di Bintan berkebangsaan China.

"Yang mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal itu bekerja di Bintan," katanya.

Setiap tenaga kerja asing wajib memiliki Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS). KITAS diberikan selama 6 bulan - setahun, tergantung kebutuhan perusahaan.

"Saat ini, izin tinggal sebagian tenaga kerja asing yang berasal dari China masih berlaku sehingga mereka belum mengajukan perpanjangangan dalam kondisi terpaksa," tuturnya.

Irwanto mengemukakan sejauh ini tidak ada warga asing yang ditolak petugas gabungan masuk ke Tanjungpinang. Jumlah WNA yang berkunjung ke Tanjungpinang justru relatif berkurang setelah ada virus corona.

Desember 2019, jumlah WNA yang tiba di Tanjungpinang sebanyak 16.442 orang, sedangkan WNA yang berangkat dari Tanjungpinang sebanyak 15.386 orang. Sementara Januari 020, jumlah WNA yang tiba di Tanjungpinang sebanyak 12.382 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 12.190 orang.

Editor: Gokli