Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Bintan Tak Tahu Banyak Perusahaan Lakukan Pengurangan Tenaga Kerja
Oleh : Harjo
Kamis | 20-02-2020 | 16:40 WIB
kadisnaker-bintan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Virus corona yang tengah mewabah di sejumlah negara, ternyata berdampak terhadap dunia industri.

Khususnya di Kabupaten Bintan, sejumlah perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja.

Sumber BATAMTODAY.COM di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) dan wilayah Gunung Kijang, Bintan menyampaikan sejak mewabahnya virus corona, perusahaan yang di tiga wilayah tersebut melakukan pengurangan karyawan dari puluhan hingga ratusan orang.

"Kami saja, karyawannya yang sebelumnya ada ratusan orang, saat ini yang masih bertahan jumlahnya hanya beberapa orang saja. Itu, dari satu lokasi, infonya di tempat lain pun terjadi hal yang sama," ungkap Putra salah satu mantan karyawan perusahaan di Bintan, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (20/2/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Indra Hidayat secara terpisah membenarkan kalau sejumlah perusahaan di Bintan melakukan pengurangan karyawan sejak mewabahnya virus corona.

Di antaranya, perusahaan beralasan pengurangan bagi karyawan yang sudah habis masa kontrak kerja dan tidak dilakukan perpanjangan kontrak. "Benar, sebagian melakukan pengurangan tenaga kerja, namun jumlah atau data belum bisa diketahui secara jelas," ungkapnya.

Karena, sejumlah perusahaan yang melakukan pengurangan tidak memberikan lapiran resmi kepada Disnaker.

Terkait hal tersebut, Indra Hidayat berharap kepada seluruh perusahaan yang ada di Bintan, apabila akan melakukan efesiensi karyawan untuk melaporkan ke dinas. Agar prosesnya tidak menyalahi aturan ketenagakerjaan.

"Saat ini, kita terus memantau perkembangan yang ada. Namun perusahaan diharapkan agar berkoordinasi apabila akan melakukan efesiensi karyawan," harapnya.

Editor: Gokli