PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Kafilah Meriahkan MTQ Kecamatan Karimun
Oleh : Freddy
Jumat | 14-02-2020 | 17:52 WIB
pawai-mtq-karimun.jpg honda-batam
Pawai ta'aruf MTQ Kecamatan Karimun diikuti peserta dari drum band SMP Santo Yusuf, Jumat (14/2/2020). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebelum perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Karimun tahun 2020 digelar Sabtu (15/2/2020), diawali dengan pelantikan dewan hakim atau juri serta pawai ta'aruf, Jumat (14/2/2020).

Untuk pelantikan dewan hakim dan perhelatan pawai ta'aruf dilaksanakan di lokasi Tugu MTQ Coastal Area Tanjungbalai Karimun dan telah dibuka secara resmi Camat Karimun, Agung Jati Kesuma, Jumat pagi.

Ada ribuan kafilah meramaikan dan memeriahkan pawai ta'aruf tersebut. Mereka dari Kelurahan Sungai Lakam Timur mengikutsertakan 300 peserta, kafilah Sungai Lakam Barat 180 peserta, kafilah Kelurahan Tanjung Balai 311 peserta, kafilah Tanjungbalai Kota 400 peserta, kafilah Lubuk Semut 300 peserta, kafilah Teluk Air 650 peserta.

Selanjutnya kafilah dari Desa Parit sebanyak 250 peserta, kafilah dari Desa Selat Mendaun 100 peserta dan kafilah dari Desa Tulang 150 peserta.

Adapun rute yang dilalui para peserta pawai ta'aruf yakni dengan mengambil start dari Tugu MTQ Coastal Area melewati sepanjang Jalan Coastal Area dan masuk ke Lapangan Kuning depan Pos Lantas Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, kondisi cuaca lumayan panas tetapi hal ini tak menyurutkan semangat para peserta pawai ta'aruf. Meskipun panas tetapi masih terlihat senyuman dari peserta pawai saat pelepasan Camat Karimun.

Di atas panggung terlihat Camat Karimun, Agung Jati Kesuma, Kapolsek Tanjungbalai Karimun AKP Budi Hartono, Kepala Puskesmas Tanjungbalai, Surawan, Sekcam Karimun, Efriyan Santana, KUA Kecamatan Karimun, Mukhlis serta Lurah se-Kecamatan Karimun.

Camat Karimun, Agung Jati Kesuma dalam sambutannya mengatakan, melalui pawai ta'aruf dan MTQ diharapkan dapat terjalin silaturahmi sesama warga di Kecamatan Karimun dan perlu menunjukkan bahwa Karimun sangat kondusif.

Ia menjelaskan pawai ta'aruf dalam rangka MTQ tingkat Kecamatan Karimun ini diikuti lebih 1.500 peserta yang berasal dari 6 kelurahan dan 3 desa.

Selain itu, Agung Jati Kesuma menginginkan kegiatan pawai ta'aruf dan perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Karimun yang diikuti semua lapisan masyarakat, suku, etnis, agama dapat dijadikan cermin bahwa Karimun kecamatan yang aman, damai dan kondusif bukan seperti yang di pemberitaan media massa maupun medsos.

"Kita ingin melalui pawai ta'aruf dan perhelatan MTQ tingkat Kecamatan Karimun dapat lebih terjalin hubungan yang harmonis antar sesama warga serta selalu terjaga kondisi yang kondusif di Kecamatan Karimun," ungkapnya.

Sementara Kapolsek Tanjungbalai Karimun, AKP Budi Hartono mengatakan demi ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Karimun, Polsek Tanjungbalai bersama anggota Koramil dan siswa SPN Polda Kepri yang magang siap melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

Editor: Gokli