PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Lingga Kemungkinan tak Diikuti oleh Calon Independen
Oleh : Wandy
Kamis | 13-02-2020 | 16:04 WIB
Rio_Akmal_Bukit_.jpg honda-batam
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lingga Rio Akmal Bukit (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemilihan Bupati Lingga akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Namun, hingga ingga kini tidak terlihat geliat dari calon independen atau perseorangan yang akan bertarung di Pillkada Lingga tersebut.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lingga Rio Akmal Bukit mengatakan, sepertinya tidak ada peserta pemilihan Bupati Lingga 2020 yang maju melalui jalur perseorangan.

Pasalnya, masa penyerahan persyaratan bagi peserta Pilbup Lingga dimulai pada 19 hingga 23 Februari 2020 ini. Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda peserta yang akan menyerahkan persyaratan.

Menurut Rio, untuk maju sebagai paslon Bupati dan calon Wakil Bupati melalui jalur independen atau perseorangan syaratnya harus mampu mengumpulkan sebanyak 6.934 fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) ditambah surat pernyataan dukungan dari masyarakat yang mendukung calon tersebut.

"Sampai saat ini untuk jalur independen di Kabupaten Lingga belum ada tanda-tanda peserta yang akan maju melalui jalur perseorangan. Namun ini baru prediksi sementara saja karena kita menunggu hingga tanggal 23 Februari 2020, jika tidak ada yang menyerahkan sudah dipastikan di Lingga tidak ada jalur independen," kata Rio kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (13/2/2020)

Selain itu menurut Rio, untuk calon perseorangan itu harus memiliki operator silon. Yang mana mereka harus datang ke KPU untuk mendapatkan user maupun password silon tersebut.

"Sebab dukungan itu selain dari hard copy akan tetapi di input juga ke soft copy guna menginput dukungan dari calon independen tersebut," kata Rio.

Editor: Surya