Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Upayakan Pengaspalan

Jembatan Rampung, Warga Kemalai dan Belak Bintan Tak Lagi Melintasi Air Pasang
Oleh : Harjo
Selasa | 28-01-2020 | 18:52 WIB
jembatan-penguhung-2-kampun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Jembatan penghubung Kampung Kemalai dan Belak di Desa Penaga, Bintan sudah bisa digunakan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Apri Sujadi meninjau jembatan penghubung Kampung Kemalai dan Kampung Belak, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Bintan, Selasa (28/1/2020).

Pekerjaan jembatan yang menelan anggaran sekitar Rp 14 miliar lebih dari APBN 2019 ini sudah rampung dan bisa digunakan masyarakat di tahun 2020 ini.

Apri Sujadi mengatakan, jembatan ini sudah lama diidamkan masyarakat karena sejak sekitar tahun 2006 diusulkan namun tidak kunjung direalisasikan. Namun di tahun 2019, jembatan telah dibangun dan tahun 2020 sudah bisa dipergunakan.

"Jembatan ini akan memperlancar lalu lintas kegiatan masyarakat kedua kampung (Kampung Kemalai dan Kampung Belak). Dulu kalau air laut pasang tinggi, akses jalan dua kampung terendam air laut," ujarnya.

Pembangunan Jembatan Belak-Kemalai dibangun dengan bentang sepanjang 20 meter dan lebar 7 meter plus 1 meter untuk bahu kanan dan kiri jembatan, dan dibangun melalui anggaran APBN lewat BP Kawasan Bintan.

"Yang kita pikirkan tinggal akses jalan masuk, agar bisa diaspal ke depannya. Namun dengan terwujudnya jembatan ini, kita berpesan kepada masyarakat agar dirawat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Sementara itu, Kades Penaga, Hamrudin menuturkan, sudah sejak lama masyarakat menginginkan jembatan permanen sebagai penghubung. Selama ini, jembatan yang digunakan masih berbahan kayu dan cepat rapuh terkena paparan air sungai. "Ya kalau air sedang pasang, terkadang susah dilewati," ujarnya.

Belum lagi kalau anak-anak sekolah dari luar mau menyeberang untuk menuju Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kampung Belak, di mana mereka harus melepas sepatu dan berjalan kaki dengan jalan yang tergenang air laut.

"Kita tentunya mengapresiasi atas pembangunan jembatan ini, yang dengan cepat direalisasikan Pemerintah Daerah," tutupnya.

Editor: Gokli