Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Langkah Antisipasi Masuknya Virus Corona

Udin Minta Pengawasan Pintu Masuk Wisman ke Batam Diperketat
Oleh : Putra Gema
Senin | 27-01-2020 | 17:40 WIB
up-btm-corona.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komisi II DPRD Batam, Udin P Sihaloho. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengawasan turis asing khususnya dari negeri Tiongkok yang akan masuk ke Kota Batam diminta untuk diperketat.

Hal ini disampaikan anggota Komisi II DPRD Batam, Udin P Sihaloho. Ia mengatakan, Pemko Batam dan BP Batam harus memasang alat pendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang atau thermal scanner di setiap pintu masuk kedatangan internasional.

Udin menilai perlu dilakukan langkah pencegahan pengawasan di pintu gerbang masuknya penumpang internasional seperti Bandara dan pelabuhan. Hal ini dikarenakan seiring besarnya dampak penyebaran wabah penyakit pneumonia berat akibat virus corona.

"Di Indonesia ada 19 daerah termasuk Batam yang harus memperketat pengawasan. Kita minta Pemko dan BP Batam memasang alat pendeteksi ini di setiap pintu masuk baik Bandara maupun pelabuhan," kata Udin, Senin (27/1/2020).

Ia mengungkapkan, dengan adanya alat itu, nantinya mampu meminimalisir penyebaran virus Corona. Petugas dapat mengetahui tingkat suhu tubuh seseorang, sehingga dapat diketahui apa penyebab suhu tubuh mereka tinggi.

"Dari yang kita ketahui saat ini yang paling awal bisa dideteksi adalah dengan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh. Kita minta ini dipasang di semua pintu masuk wisman," ujarnya.

Disinggung apakah sudah diperlukan larangan turis Tiongkok masuk ke Batam, Udin mengaku hal ini dirasa belum diperlukan. Apalagi virus ini masih bisa dideteksi lewat thermal scanner.

"Semalam juga ada turis dari Tiongkok yang ke Padang dan Tanjungpinang, mereka dilakukan deteksi suhu badan. Saya rasa belum perlu keluar larangan seperti itu. Tetapi anjuran untuk menggunakan masker adalah hal yang normatif yang dikeluarkan Pemko," tegasnya.

Editor: Gokli