Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Jukir dan Koordinator Parkir Datangi Kantor Dishub Karimun
Oleh : Freddy
Senin | 27-01-2020 | 16:40 WIB
jukir-dialog.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kadishub Chaironi bersama stafnya saat berdialog dengan Jukir yang mendatangai kantornya, Senin (27/1/2020). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Puluhan juru parkir (Jukir) bersama koordinator parkir di Karimun mendatangi kantor Dinas Perhubungan (Dishub) di Perkantoran Poros, Senin (27/1/2020) pagi.

Kedatangan Jukir dan koordinator parkir tersebut ingin mempertanyakan terkait surat edaran yang melarang mereka melakukan pungutan parkir serta kepastian akan nasib mereka ke depan.

Abdul Rahman, koordinator juru parkir mengatakan, kedatangan puluhan mereka ke Kantor Dishub Karimun ingin meminta kejelasan nasib Jukir yang beberapa hari ini sudah tidak bisa melaksanakan pekerjaannya.

"Sekarang tidak ada Jukir yang melaksanakan tugasnya karena beberapa hari lalu ada beberapa orang yang diamankan pihak kepolisian," jelas Abdul Rahman.

Abdul Rahman berharap, kedatangan mereka kali ini agar ada solusi terhadap permasalahan perparkiran

Kadishub Karimun, Chaironi mengatakan, sebenarnya dirinya bisa memahami apa yang dirasakan para Jukir dengan situasi yang terjadi sekarang ini. "Di satu sisi, Dinas Perhubungan harus berhadapan dengan peraturan dan di sisi lain terkait dengan masalah kehidupan Jukir yang mencari nafkah hidup bagi kelangsungan hidup mereka," ungkap Chaironi.

Dijelaskannya, sebenarnya surat edaran Dishub perihal penghentian pungutan parkir terpaksa harus dikeluarkan. Jika tidak, Dishub maupun juru parkir akan dipersalahkan nantinya karena kelalaian dan pungutan liar.

Menurutnya, beberapa hari lalu ada beberapa Jukir sempat diamankan pihak kepolisian dan beberapa staf Dishub ikut dimintai keterangan. "Sekarang ini kita lagi mencoba mencari solusi dengan berkoodinasi dengan pihak terkait termasuk dengan Kapolres Karimun terkait persoalan Perparkiran tersebut," terang Chaironi.

Chaironi mengungkapkan, masalah perparkiran di Kabupaten Karimun ini sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengaturnya dan sekarang lagi diselesaikan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai petunjuk teknis dari Perda.

Dari Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, puluhan Jukir berkumpul di halaman Kantor Dishub. Sementara beberapa koordinator mereka sedang berunding di dalam ruangan Kadishub Kabupaten Karimun.

Setelah keluar dari dalam ruangan Chaironi didampingi Staf Dinas Perhubungan menjumpai para Jukir dan menjelaskan beberapa hal. Selanjutnya bersalaman dan Jukir dan koordinator bergerak menuju ke Kantor Bupati Karimun.

Editor: Gokli