PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Bintan Tinjau Rumah PKH Tidak Tepat Sasaran di Desa Busung
Oleh : Harjo
Kamis | 23-01-2020 | 11:16 WIB
tinjau-rumah-bantuan1.jpg honda-batam
Tim Dinsos Bintan saat kroscek penerima bantuan PKH. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tim Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bintan bersama pihak Kecamatan Seri Kuala Lobam, Pemerintah Desa Busung serta koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Bintan meninjau rumah yang diduga tidak tepat sasaran, Rabu (22/1/2020).

Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga pada Dinsos Kabupaten Bintan, Zulfia Anifah, mengatakan, rumah warga yang disebut sebagai penerima manfaat PKH yang diduga tidak tepat sasaran bukanlah rumah awalnya saat menerima bantuan PKH tahun 2010.

"Ini rumah baru, kalau rumah asalnya masih rumah papan," kata Zulfia.

Dikatakan, rumah baru tersebut yang dibangun melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Sedangkan rumah saat awal warga yang dimaksud menerima bantuan PKH, rumah yang lama.

Dia juga mengatakan, warga yang dimaksud juga telah menyatakan mengundurkan diri dari penerima manfaat PKH karena pada saat ini kehidupannya sudah lebih baik.

"Hari ini beliau sudah menyatakan mundur secara ikhlas sebagai penerima manfaat PKH," kata dia.

Kepala Desa Busung, Kecamatan Serikuala Lobam, Rusli mengatakan, warga yang dimaksud baru menempati rumah bantuan tersebut.

"Rumah saat ini, sudah ditempati Desember kemarin, dan belum ada keramik. Kalau AC, itu AC bekas pemberian bos tempat anaknya bekerja di Lobam," katanya.

Sementara untuk warga bernama Pendi telah dikeluarkan dari penerima manfaat PKH sejak akhir tahun 2019.

"Pendi masuk ke data pencacahan desil 4 + dari pusat yang sudah dilakukan verifikasi kembali memang terbukti memiliki aset rumah tinggal yang disewakan," terangnya.

Editor: Yudha