Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akses Jalan Menuju Kantor Lurah Sei Lumpur Lingga Sangat Memprihatinkan
Oleh : Wandy
Kamis | 23-01-2020 | 10:04 WIB
jalan-lurah-seilumpur1.jpg Honda-Batam
Jalan setapak menuju Kantor Lurai Sei Lumpur Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kantor Kelurahan Sungai Lumpur Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga telah memiliki kantor sendiri, karena sempat sebelumnya tiga kali berpindah.

Meski kantor telah dibangun namun akses jalan menuju ke Kelurahan Sungai Lumpur sangat tidak layak. Pasalnya jika terjadi hujan jalan tersebut akan digenangi air hingga setinggi lutut orang dewasa.

Disamping itu, akses jalan menuju kantor tersebut harus melewati tanah perkebunan serta jembatan kayu yang masih sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda empat.

Setelah peresmian kurang lebih 2 minggu lalu, DPRD Kabupaten Lingga langsung meninjau akses jalan menuju kantor kelurahan sei lumpur.

Ketua Komisi I DPRD Lingga Rony Kurniawan, mengatakan bahwa akses menuju ke Kantor Kelurahan Sungai Lumpur yang berada di tengah hutan tersebut masih sangat memprihatinkan.

"Untuk akses jalan ke kantor Lurah Sungai Lumpur memang lokasinya agak ke dalam dan jika hujan maka banjir. Maka perlu perhatian khusus, karena ini merupakan kantor pelayanan," ujar Kurniawan Rabu (22/1/2020).

Kurniawan menuturkan untuk akses jalan merupakan prioritas utama dalam pengoptimalan pelayanan kepada masyarakat

"Intinya akses jalan ini sangat perlu sekali. Alhamdulillah kita sudah bertemu dengan masyarakat serta pihak kelurahan, dimana kita akan upayakan untuk akses jalan menuju kantor lurah sungai lumpur ini," tutur Kurniawan.

Disinggung terkait kapan akan terealisasi, Kurniawan menyampaikan kemungkinan di APBD-P pembangunan akses jalan menuju kantor lurah sei lumpur sudah berjalan.

"Karena kita sudah koneksi dengan Komisi II dan Dinas PU, Insyallah untuk jalan ini, secepat mungkin. Mungkin di APBD-P ini sudah berjalan. Selain itu, Dinas PU juga agar bisa membenahi parit besar yang airnya mengalir ke Desa Berindat. Paling tidak, ada normalisasi untuk parit besar tadi. Itu sangat dibutuhkan. Sekalian juga dengan penerangan jalan," jelas Kurniawan.

Sementara itu, Plt Camat Singkep, Agustiar, berharap akses jalan menunju kantor lurah dapat segera dibangun sehingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

"Kita berharap akses jalan menuju kantor lurah sungai lumpur ini dapat segera terealisasi. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengurus ke kantor Lurah," ujar Agustiar.

Agustiar menuturkan, dengan kunjungan dari DPRD Lingga semoga memberikan angin segar agar proses pembangunan jalan di Kelurahan Sungai lumpur ini dapat segera terlaksana.

"Dengan kehadiran dari DPRD Lingga ini semoga pembangunan jalan segera terlaksana. Tentunya harapan kita dalam bulan depan sudah bisa dibangun," tuturnya

Selain itu, untuk fasilitas pendukung seperti lampu jalan, Agustiar mengatakan hal tersebut bisa saja melalui swadaya dengan pihak kelurahan.

"Kalau untuk lampu jalannya, mungkin nanti bisa melalui swadaya dengan kelurahan, atau menggunakan lampu penerangan kantor. Namun yang paling utama akses jalan ini bisa dibangun," ungkapnya.

Editor: Yudha