PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HUT Satpam ke-39, Kapolres Tanjungpinang: Cintai Profesi dan Tingkatkan Kualitas
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 22-01-2020 | 19:40 WIB
tpi-satpam.jpg honda-batam
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal saat memimpin upacara HUT Satpam ke-39 di Kota Tanjungpinang. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang menggelar upacara HUT Satpam ke-39 di Halaman Mapolres Tanjungpinang, Rabu (22/1/2020).

Upacara turut dihadiri perwakilan dari Pemko Tanjungpinang, stakeholder terkait, pimpinan perusahaan badan usaha jasa pengamanan Tanjungpinang serta Pejabat Utama Polres Tanjungpinang.

Upacara juga diikuti Personel Polres Tanjungpinang, Satpol PP, Dishub, KPLP, Bea Cukai, Saka Bhayangkara terutama anggota Satpam yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis. Di mana Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam memelihara kamtibmas.

Oleh karena itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal guna menekan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

"Di momentum ini marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia," kata Iqbal.

Disampaikannya, eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah,, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

"Dengan demikian pekerjaan Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Iqbal mengimbau kepada seluruh anggota Satpam agar menjaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan YME. Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam.

"Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas," ujarnya.

Selanjutnya, tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja serta gelorakan budaya penanaman pohon lingkungan kerja dan sekitarmya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.

"Seluruh anggota Satpam agar selalu mencintai profesinya sebagai sosok Satpam. Terus tingkatkan skill dan keterampilan juga pelayanan yang humanis karena Satpam merupakan bagian penting dalam mendukung tugas Polri mewujudkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan," tutup Iqbal.

Editor: Gokli