PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukseskan Program P4GN, BNNP Kepri Luncurkan Aplikasi Android 'Sinar BNNP'
Oleh : Hadli
Selasa | 21-01-2020 | 17:28 WIB
richard-bnnp-kepri.jpg honda-batam
Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Ricard Nainggoland. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNK) Kepri meluncurkan aplikasi berbasis android di Hotel Harmoni One, Batam center, Kota Batam, Selasa (21/1/2020).

Aplikasi ini diluncurkan guna mendukung program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).

Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Ricard Nainggoland mengatakan, aplikasi ini diluncurkan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam hal penanganan narkoba maupun penyuluhan terhadap bahaya narkoba.

"Dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak harus datang untuk membuat pengaduan maupun permintaan penyuluhan. Tinggal mengunduh dan memasukkan pesan di dalamnya sesuai pengaduan," tuturnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Badan Kependudukan dan Kekeluargaan Bencana Nasional (BKKBN) Kepri; Kesbangpol Provinsi serta 7 kota/kabupaten di Provinsi Kepri. "Aplikasi ini kita beri nama Sinar BNNP Kepri, masyarakat tinggal unduh dari android langsung bisa sharing tentang narkoba," ujar Richard.

Jendral bintang satu ini menyebutkan, dalam aplikasi tersebut juga ada konsultasi dan penyuluhan, dengan adanya aplikasi tersebut BNNP Kepri berharap agar masyarakat lebih terjauhkan dari peredaran narkoba.

Secara teknis, lanjutnya, ada 8 fitur yang bisa dipilih masyarakat. Fitur tersebut dimulai dari profil BNNP Kepri, struktur organisai, visi misi, tugas pokok dan juga terdapat informasi secara digital tentang rehabilitasi narkoba, konseling, layanan publik, terkait dengan penyuluhan.

"Misalnya masyarakat ingin ada penyuluhan narkoba di tempat mereka, bisa isi formulir di aplikasi ini, nanti tim kita yang akan survei dan mendatangi tempat tersebut untuk memberi penyuluhan," sebutnya.

Selain itu, tambah Ricard, masyarakat juga bisa melaporkan jika adanya aktivitas seputar peredaran narkoba di hot line yang telah disediakan. "Dengan adanya aplikasi terbaru ini diharapkan bisa mempercepat dan mempermudah akses masyarakat, terutama dalam hal seputaran narkoba," tutupnya.

Selain peluncuran aplikasi Sinar BNNP, BNN juga nantinya akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dari 7 kota/kabupaten di Provinsi Kepri. Khsusnya kepada Kesbangpol dan BKKBN.

Editor: Gokli