PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Microsoft 'Matikan' Windows 7 Hari Ini, Siap-siap PC dan Laptop Anda Terkena Virus
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-01-2020 | 13:04 WIB
windows7.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengguna PC dan Laptop yang masih menggunakan Windows 7 bersiaplah berbagai hadapi serangan virus. Pasalnya, mulai hari ini, Selasa (14/1/2020), Microsoft menghentikan dukungan terharap Windows 7.

Mulai hari ini, tidak akan lagi pembaruan (update) software atau perbaikan keamanan (security) dari Microsoft. Mulai hari ini, Windows 7 akan memasuki fase end of life di mana tidak ada bantuan sama sekali bagi pengguna sistem operasi (OS) milik perusahaan Bill Gates ini.

"Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan," tulis laman Microsoft, menugutip cnbindonesia.com, Selasa (12/1/2020).

Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

"Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan," masih menurut laman tersebut.

Melansir techradar.com, Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39% dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

Sebenarnya, dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase 'extended support'.

Pada periode 'extended support' ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna 'menambal' sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug.

Editor: Chandra