Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Viral! 'Ikan Penis' Mirip Alat Kelamin Pria Ini Enak Dimakan
Oleh : Redaksi
Senin | 16-12-2019 | 15:16 WIB
ikan_penis.jpg Honda-Batam
Ikan Penis yang memiliki nama latin Urechis Unicinctus terdampar di Pantai San Frasisco, California, Amerika Serikat (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, California - Biota laut bernama latin Urechis caupo atau yang sering disebut 'ikan penis' karena bentuknya mirip alat kelamin pria, viral di media sosial (medsos) atau dunia maya. Ikan penis sejatinya adalah cacing tersebut sempat memenuhi Pantai di San Frasisco, California, Amerika Serikat (AS) karena tersapu badai.

Ribuan makhluk yang menyerupai penis terdampar di sebuah pantai di California, Amerika Serikat. Makhluk ini berjenis seperti cacing, namun secara luas lebih dikenal dengan sebutan 'ikan penis'.

Dilansir dari BBC, Minggu (15/12/2019), makhluk ini menutupi tepian pantai Drakes, dengan jarak 50 mil dari sisi utara San Francisco. Ikan ini tampak seperti cacing, namun tubuhnya gemuk.

Ikan penis tersebut terlihat di Pantai Drake, yang terletak 80 km dari San Fransisco. Ikan penis sering juga disebut sebagai 'penjaga penginapan yang gemuk (fat innkeeper)'.

Ikan penis sendiri banyak ditemukan di California. Dilansir dari AFP, ikan penis, yang disebut gaebul di Korea Selatan, populer karena dipercaya bisa meningkatkan birahi seksual.

Ikan penis mencari mangsa dengan menggali terowongan berbentuk U. Ikan penis mengeluarkan cairan lengket saat air pasang yang digunakan untuk mencari mangsa.

Julukan mereka yang lebih sopan-cacing penjaga penginapan-berasal dari gaya hidup bawah tanah ini dan terowongan yang mereka buat untuk hewan lain saat mereka bersembunyi di bawah tanah. Beberapa spesies lain, termasuk ikan, hiu, dan berang-berang menikmati ikan penis.

Seorang ahli kehidupan laut yang menulis untuk Bay Nature, Ivan Parr, menjelaskan bahwa badai yang kuat diduga telah memaksa ribuan makhluk bulat ini keluar dari liang mereka dan terpapar oleh predator.

"Ya, desain fisik cacing pemilik bentuk yang gemuk, memiliki beberapa penjelasan yang harus dilakukan. Tetapi hewan yang gemuk itu menghabiskan hidupnya di bawah tanah," tulis Ivan Parr.

Dilansir dari Bay Nature, cairan tersebut berbentuk seperti bangkai ubur-ubur yang dapat memperangkap plankton, bakteri, hingga biota laut lainnya. Sementara itu, liang yang dibuat ikan penis juga bisa dimanfaatkan oleh kepiting dan udang.

Ikan penis bisa hidup cukup lama hingga mencapai 25 tahun. Ikan penis tercatat ada di fosil yang berusia 300 tahun.

Ikan penis memiliki nama latin Urechis Unicinctus. Ikan ini juga kerap disebut sebagai cacing penis atau cacing sendok. Bentuknya yang nyentrik membuat jenis ikan ini menyita perhatian.

Ikan penis banyak ini banyak ditemukan di pesisir pantai di China, Korea, Jepang hingga Pantai Barat Amerika Utara. Di California, ribuan ikan penis ditemukan terdampar di sepanjang garis pantai. Selain bentuknya yang eksotis, ternyata ikan penis ini juga enak dimakan.

Editor: Surya