Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karantina Pertanian Gelar Operasi Patuh di Pelabuhan ASDP Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-12-2019 | 17:28 WIB
ops-patuh-karantina.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Petugas Karantina Pertanian Tanjungpinang bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan barang bawaan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Rabu (11/12/2019). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Karantina Pertanian Tanjungpinang menggelar Operasi Patuh Karantina di Pelabuhan ASDP, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan menyasar kepada komoditas pertanian, baik hewan maupun tumbuhan yang dibawa jasa angkutan maupun perorangan yang masuk melalui Pelabuhan ASDP Tanjungpinang.

Operasi melibatkan instansi terkait Bea Cukai, Balai Penyelenggara Transportasi Darat, Kepolisian, serta POM TNI AL dan TNI AD.

Khalid, selaku Koordinator Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Karantina Pertanian Tanjungpinang menyampaikan, kegiatan dilaksanakan untuk memastikan keamananan komoditas hewan dan tumbuhan dari hama penyakit jelang Natal dan Tahun Baru.

Operasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat melaporkan media pembawa kepada petugas pintu masuk maupun di wilayah kerja Karantina Pertanian. "Kami menjaga agar hama maupun penyakit tidak terlalu lintas dari daerah lain yang terkontaminasi," ungkap Khalid, seperti dilansir situs resmi Diskominfo Kepri.

Salah satu fokusnya adalah terkait virus African Swine Fever (ASF), virus demam babi Afrika yang kini tengah mewabah di sejumlah negara Asia. "Sejauh ini memang belum terdeteksi di Indonesia, termasuk Pulau Bintan. Maka penting melakukan pencegahan agar tidak masuk dan menyebar di Bintan," ujar Khalid.

Editor: Gokli