Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyandang Disabilitas Dapat Layanan Khusus di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-12-2019 | 19:16 WIB
sbp-tpi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelindo Tanjungpinang, Kepulauan Riau akan memberi pelayanan yang istimewa terhadap penyandang disabilitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Manajer Bisnis PT Pelindo Tanjungpinang, Aswan Ganda Sigalingging mengatakan, pelayanan diberikan dengan membangun jalur khusus bagi penyandang disabilitas. Calon penumpang yang juga penyandang disabilitas akan diantar petugas sampai di dalam kapal.

"Jalur khusus untuk penyandang disabilitas tetap melewati tempat pada umumnya, seperti pemeriksaan pas masuk, pembelian tiket dan barang bawaan. Namun mereka didampingi petugas jika dibutuhkan," katanya, Selasa (10/12/2019) seperti dilansir situs resmi Diskominfo Kepri.

Selain itu, kata dia, petugas PT Pelindo Tanjungpinang juga memberi pelayanan khusus terhadap penumpang yang dalam kondisi sakit. Penumpang tidak melewati jalur pada umumnya, melainkan dapat langsung ke kapal.

Untuk urusan pembelian pas masuk pelabuhan, tiket kapal dan pemeriksaan barang, diurus oleh petugas. "Pelayanan khusus itu diberikan untuk kenyamanan penumpang yang dalam kondisi sakit," ujarnya.

Aswan mengemukakan, pelayanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura tidak terlalu banyak berubah menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. Jumlah penumpang diperkirakan meningkat, namun tidak signifikan.

Berdasarkan hasil rapat dengan sejumlah pihak yang berhubungan dengan pelayanan dan keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, pihak perusahaan pelayaran akan menambah jumlah armada kapal untuk rute pelayaran antarpulai. Kapal yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Nanti juga akan dibangun Posko Keamanan, Kesehatan dan Informasi di dalam pelabuhan, yang dikendalikan KSOP," tuturnya.

Editor: Gokli