Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Open Bidding 6 Jabatan Eselon II di Pemkab Karimun Sepi Peminat
Oleh : Freddy
Rabu | 11-12-2019 | 17:40 WIB
rotasi-mutasi.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama pejabat yang dirotasi beberapa waktu lalu. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Open Bidding jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun hingga hari ini masih belum ada yang mendaftarkan diri. Padahal pembukaan pendaftaran sudah dimulai sejak Senin (2/12/2019) lalu dan akan berakhir Senin (16/12/2019) nanti.

Enam jabatan yang masuk open bidding antara lain, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Pangan dan Pertanian, Kadis Lingkungan Hidup, Kadispora, Sekretaris Dewan dan Kasatpol PP.

Kiki Rahmadi, Kabid Mutasi BKPSDM Kabupaten Karimun mengatakan, pihaknya telah membuka pendaftaran pada 6 jabatan jauh hari, tetapi hingga sekarang belum ada yang mendaftarkan diri ikut open bidding.

Ia menyangkal jika dikatakan open bidding sepi peminat, soalnya masih ada waktu seminggu lagi pendaftaran open bidding. "Sekarang ini kemungkinan mereka sedang melengkapi persyaratan administrasi sebelum mendaftar jabatan yang dipilihnya dalam open bidding. biasanya pada hari terakhir pendaftaran baru banyak pejabat eselon 3 yang mendaftar ikut open bidding," ujar Kiki, Rabu (11/12/2019).

Kiki menyampaikan, jika sampai batas akhir waktu pendaftaran open bidding belum ada juga yang mendaftar tentunya akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran. "Tetapi kita tunggu sajalah sampai waktunya nanti," sambungnya.

Adapun syarat untuk open bidding pada 6 OPD tersebut minimal 18 orang pesertanya dan tidak kurang dari jumlah tersebut.

Sementara beberapa pejabat eselon III ketika dikonfirmasi BATAMTODAY.COM masih enggan menyatakan ikut open bidding, padahal secara persyaratan administrasi sudah mencukupi atau layak.

"Tak payahlah saya mendaftar untuk ikut open bidding, masih banyak lagi yang layak dan mampu untuk menjadi Kepala Dinas di jabatan tersebut," ungkap seorang pejabat eselon III yang tak ingin ditulis namanya.

Informasi yang diperoleh dari beberapa sumber, menyebutkan sebenarnya sudah ada beberapa nama pejabat yang bakal diprioritaskan lolos open bidding dan diangkat pada 6 jabatan itu. Hal ini pula yang diduga menyebabkan sepinya peminat open bidding.

Seperti yang diketahui, beberapa hari lalu Bupati Karimun, Aunur Rafiq melakukan rotasi dan mutasi sebelas pejabat struktural dan jabatan 6 OPD yang open bidding. Disebut paling lama awal Januari 2020 sudah dilakukan pelantikan.

Editor: Gokli