PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Sukses Pertahankan 3 Slot Orbit Satelit
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-12-2019 | 19:16 WIB
slot-orbit.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyatakan kebanggaan atas keberhasilan Indonesia mempertahankan tiga slot orbit satelit.

Upaya itu berlangsung dalam pertemuan International Telecommunication Union (ITU) di El-Sheikh, Kairo, Mesir.

Saat ini, menurut Menteri Johnny, Indonesia telah menggunakan lima slot orbit satelit telekomunikasi. Dan mendatang, Indonesia akan memiliki tiga lagi satelit multifungsi.

"Dari hasil pertemuan ITU di Kairo, kita sudah berhasil untuk tetap mempertahankan tiga slot orbit untuk satelit," kata Menteri Kominfo Johnny, Jumat (6/12/2019) kemarin, seperti dilansir situs resmi Kominfo.

Dengan mempertahankan tiga slot orbit satelit tersebut, maka infrastruktur digital di Indonesia akan disediakan secara besar-besaran. "Kita harus bisa menggunakan, memanfaatkan semua itu dengan baik, secara cerdas, dengan cepat untuk kepentingan kemajuan masyarakat dan bangsa kita," ujarnya.

Di samping mempersiapkan seluruh ekosistem telekomunikasi, Menteri Kominfo Johnny juga mengajak masyarakat dan pelaku industri di bidang telekomunikasi, untuk memanfaatkannya dengan baik.

Menteri Johnny menyatakan Indonesia juga membutuhkan digital dan telekomunikasi talent dengan jumlah yang lebih besar lagi. Menurut Menteri Kominfo diproyeksikan pada tahun 2030 sampai 2035, Indonesia setidaknya membutuhkan lebih dari 100 juta digital talent.

"Tetapi untuk mendapatkan lebih dari 100 juta itu susahnya minta ampun, ada potensi kekurangan digital yang jumlahnya juga jutaan," imbuhnya.

Menteri Johnny, menegaskan perlunya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam mendorong percepatan untuk menghasilkan talenta digital. "Untuk itu, saya mengajak seluruh stakeholder dan ekosistem kita untuk bersama-sama membantu menghasilkan digital talent di Indonesia dalam jumlah yang memadai, kualifikasi yang memadai, sehingga bisa mengisi kebutuhan kita," tutup Johnny.

Editor: Gokli