Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Binar Academy Gelar Program Binar Scholarship
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-12-2019 | 16:42 WIB
binar-academy.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Participatory Action Research Binar Academy bersama siswa SMKN1 Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Edukasi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan, tentu saja itu semua tidak lepas dari kolaborasi berbagai elemen pendidik.

Berbagai elemen pendidik terus bahu membahu, untuk masing-masing ambil bagian dalam proses memajukan edukasi di Indonesia.

Binar Academy juga turut ambil peran melalui berbagai program seperti Binar Scholarship, itu semua dilakukan dengan semangat mengedukasi masyarakat Indonesia menyoal industri digital.

Tidak berhenti di situ, tahun ini Binar Academy diberi kesempatan untuk melakukan riset penelusuran informasi seputar daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Riset yang didukung oleh program Dayamaya ini diusung oleh Badan Aksesibilitas dan Teknologi Informasi (BAKTI), di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Persiapan dan Riset ini dilakukan sejak bulan Oktober lalu di Nongsa, Batam, Riau.

Sebagai salah satu daerah terluar Indonesia dan sebagai salah satu daerah penerima infrastruktur hasil dari program BAKTI Kominfo, Nongsa rupanya tidak semata-mata jalan di tempat.

Hasil riset menemukan bahwa terdapat potensi digital yang muncul dari kalangan pelajar, mahasiswa dan juga komunitas di Batam.

Salah satu alasan mengapa riset ini muncul, salah satunya adalah agar masyarakat dapat melihat secara nyata situasi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal di Indonesia.

Gambaran tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk mengukur sejauh mana kesiapan Nongsa sebagai sebuah daerah, dalam rangka pre penyaringan dan rencana penyelenggaraan pelatihan kerja, di bidang industri digital pada tahun 2020 yang akan datang.

Wujud langkah awal Binar Academy disamping eksplorasi ini adalah mengajak pihak lain untuk mendengarkan dan berbagi cerita, dengan harapan untuk membuka peluang kolaborasi dalam proses penciptaan masa depan yang lebih baik.

Binar Academy juga ingin memberikan pengaruh yang lebih besar lagi bagi Indonesia, di tahun ke depan melalui pengembangan literasi digital.

Segala usaha tersebut dibentuk agar selaras dengan semangat yang dibawa oleh Binar Academy, yaitu semangat untuk membawa perubahan.

Editor: Dardani