Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Bulan, Kelurahan di Batuaji Setor Sampah Daur Ulang ke Bank Kecamatan
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 10-12-2019 | 15:04 WIB
bank-sampah-batuaji.jpg Honda-Batam
Penyetoran sampah yang dikumpulkan oleh warga di Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji pada tanggal 9 setiap bulannya. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Agar sampah hasil produksi rumahtangga di Kecamatan Batuaji Batam dapat dikelola dengan layak atau didaur ulang kembali. Maka, kini pihak kecamatan setiap bulannya menggalakkan kegiatan penyetoran sampah dari setiap kelurahan se-Kecamatan Batuaji.

Langkah ini juga dimaksudkan untuk membangun lingkungan yang bersih dan asri. Pun juga agar produksi sampah rumah tangga dapat dikelola dengan baik.

Camat Batuaji Batam, Ridwan, Selasa (10/12/2019) mengatakan, setiap bulannya telah ada jadwal yang diatur per-kecamatan agar warganya menyetor setiap sampah yang bisa didaur ulang kembali.

Jadwal penimbangan bank sampah di kantor kelurahan se-kecamatan Batuaji yakni untuk Kelurahan Buliang setiap bulannya tanggal 9, lalu Kibing setiap tanggal 10, Tanjunguncang setiap tanggal 21 dan Bukit Tempayan setiap tanggal 28 setiap bulannya.

"Untuk hari ini di Kibing masih sedang kita data, namun kemarin tanggal 9 di Buliang ada sekitar 200 kilogram sampah daur ulang yang diterima dari warga," terangnya.

Untuk pengelolaan sampah ini dikatakan Ridwan yaitu bekerjasama dengan bank sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam.

"Kita bekerjasama dengan bank sampah kota Batam di bawah binaan DLH. Pihak bank sampah kota Batam yang mengelola selanjutnya," ungkapnya.

Selain kegiatan penyetoran sampah ke bank sampah yang ada di setiap kelurahan rutin dilaksanakan setiap bulannya dilaksanakan, kegiatan bank sampah juga ada di masing-masing lingkungan perumahan masyarakat yang langsung dikelola secara swadaya yang masyarakat.

Editor: Dardani