Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Unit KAL 28 M dan 6 Unit Combat Boat AL D-18 Bakal Perkuat Armada TNI AL
Oleh : Harjo
Senin | 09-12-2019 | 12:52 WIB
kasal1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M, di Dermaga Fassharkan TNI AL Mentigi, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - TNI Angkatan Laut (AL) menerima empat unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M dan enam unit Combat Boat AL D-18 baru buatan anak bangsa, Senin (9/12/2019).

Penandatanganan berita acara serah terima KAL 28 M dan Combat Boat AL D-18 buatan anak bangsa tersebut, dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, di Dermaga Fassharkan TNI AL Mentigi, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Siwi Sukma Adji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, fasilitas alutsista diterima, adalah bagian dari program dan penggangaran TNI AL. Sekaligus memberikan apresiasi kepada galangan kapal nasional yang sudah mampu berkonstribusi pada negara.

"Semoga kemitraan tetap terjaga dan bisa diteruskan," harapnya.

Ditegaskan, pembangunan kapal menggunakan uang rakyat yang diamanatkan ke TNI AL. Maka harus dilaksanakan dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Agar harapan rakyat kepada TNI AL, bisa dilaksanakan dan berjalan dengan baik untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Karena ke depan tantangan akan semakin komplit, maka harus selalu siap siaga, dengan kemampuan alustista di laut," katanya.

Adapun kapal yang dibangun sesuai dengan geografis Indonesia, dan sudah melalui kajian tersebut diantaranya, dua unit KAL 28 M produksi PT Lims Nautical Shipyard yang akan memperkuat jajaran Koarmada I itu diberi nama KAL Iboih (IBH) I-1-71 dan KAL Sorake (SRK) I-2-18. Sedangkan dua unit KAL 28 M produksi PT Palindo Marine diberi nama KAL Talise (TLS) II-6-65 dan Kal Lalos (LLS) II-8-34.

Selain KAL 28 M akan dilaksanakan pula penyerahan Combat Boat AL D-18 satu unit dari PT Infinity Global Mandiri, yang akan memperkuat jajaran Koarmada II dan diberi nama Patkamla Balaroa (BLR) II-6-66. Dua unit Combat Boat AL D-18 dari PT Citra Shipyard diberi nama Patkamla Gorar (GRR) III-9-19 dan Patkamla Wasur (WSR) III-11-16. Serta tiga unit produksi PT Palindo Marine diantaranya Patkamla Binanga (BNG) II-6-67, Patkamla Santiago (STG) II-8-35, Patkamla Kastela (KTL) III-14-13 untuk memperkuat jajaran Koarmada III.

KAL 28 M ini, memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 18 knots, dan membawa ABK sebanyak 15 orang. Serta mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari. Sedangkan Combat Boat AL D-18 memiliki spesifikasi panjang 18 meter, lebar 4,5 meter, dengan berat 20 ton dengan kecepatan maksimal 45 knots.

Penandatanganan berita acara penyerahan KAL 28 M dan Combat Boat AL D-18 dari Direktur PT Palindo Marine, PT Lims Nautical Shipyard, PT Citra Shipyard dan PT Global Mandiri kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo, dari Kadismatal akan diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto, yang disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Editor: Chandra