PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UNBK di Karimun, Kadisdik Sarankan Sekolah Mandiri atau Numpang ke Sekolah Lain
Oleh : Freddy
Minggu | 08-12-2019 | 11:32 WIB
smp1_meral.jpg honda-batam
SMPN 1 Meral siap menyelenggarakan UNBK (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disingkat UNBK akan dimulai di awal tahun 2020 nanti untuk jenjang SMP./Mts, SMK/SMU/MA

Namun , tidak semua sekolah di Kabupaten Karimun memiliki fasilitas komputer ,jaringan internet dan listrik yang memadai sebagai syarat untuk melaksanakan UNBK.

Bakrie hasyim,Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun mengatakan pemerintah tidak mewajibkan tetapi sifatnya menghimbau kepada sekolah yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana jaringan internet dan listrik serta komputer untuk melaksanakan UNBK.

Ia mengakui, sekarang ini belum semua sekolah di kabupaten Karimun dapat melaksanakan UNBK, soalnya masih ada sejumlah sekolah yang belum ditunjang fasilitas komputer dan jaringan internet serta listrik yang memadai.

"Memang ada beberapa sekolah di di Kabupaten Karimun yang memang belum ada sama sekali fasilitas komputer dan jaringan internet. Tetapi sekolah tersebut bisa melakukan dengan sistem mandiri atau menumpang ke sekolah lain." Ujar Bakrie hasyim.

Ia menjelaskan, UNBK bisa dijalankan dengan sistem sharing fasilitas dengan sekolah lain atau sekolah yang belum memadai fasilitasnya bisa mengikuti UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai dan ini dapat sudah ada sekolah yang melakukannya..

Ia menuturkan , sudah hampir seluruh sekolah di Kabupaten Karimun yang menerapkan UNBK, khususnya sekolah di pulau Karimun hampir semuanya sudah menerapkan UNBK, kecuali sekolah yang jauh dari jaringan internet dan listrik .

Ketika ditanya,apa Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun ada mengusulkan pengadaan komputer sekolah, Bakrie hasyim mengatakan pada tahun sebelumnya telah mengadakan 100 komputer yang telah dibagikan ke beberapa sekolah tetapi jumlahnya masih dapat dikatakan jauh dari kata cukup.

Ia membeberkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, pada tahun 2019 sudah mengusulkan untuk dilakukan pengadaan fasilitas komputer untuk sekolah-sekolah tetapi tahu sendirilah dengan kondisi keuangan daerah yang defisit .

Ditempat terpisah, Juprizal,kepala SMPN 1 Meral mengatakan sekolah yang dipimpinnya pada tahun 2020 ini akan melaksanakan UNBK meskipun fasilitas komputer disekolahnya masih belum memadai dengan jumlah peserta UNBK.

Ia mengungkapkan, SMPN 1 Meral akan melaksanakan UNBK dengan sistem mandiri artinya kekurangan fasilitas komputer akan meminta bantuan orang tua siswa untuk meminjamkan komputer atau laptop selama UNBK.

"Pihak sekolah telah menyampaikan masalah ini ke orang tua siswa dan masing-masing orang tua sudah mensetujui untuk meminjamkan laptop selama UNBK." ungkap Juprizal.

Editor: Surya