Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satukan Pengguna Xpander, X-MOC Kepri dan Batam Resmi Terbentuk
Oleh : Hendra
Sabtu | 07-12-2019 | 16:40 WIB
deklarasi-kom-xpan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

X-MOC Kepri dan Batam saat deklarasi di Barelang, Sabtu (7/12/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Indonesian Provinsi Kepulauan Riau dan Chapter Batam resmi dideklarasikan pada Sabtu (7/12/2019) pukul 10.00 WIB pagi di lokasi Barelang Seafood, Jembatan I Tengku Fisabilillah Barelang.

Opi Irawan, Ketua X-MOC Chapter Batam mengatakan, awal mulanya komunitas ini terbentuk ketika dia membeli mobil Mitsubishi Xpander, sementara, dahulunya dia memiliki sejarah pernah bergabung dengan komunitas mobil lain. Beranjak dari hal ini, Opi melihat ada beberapa manfaat yang didapat dalam berkomunitas.

"Beranjak dari hal ini saya coba searching-searching apakah X-Pander telah ada komunitasnya, dan ternyata ada X-MOC lalu dari situ saya lihat latar belakangnya di Facebook dan Instagram," ujar Opi.

Setelah mendapati adanya komunitas ini di Facebook, Opi mencoba mendaftarkan diri ke komunitas yang ada di media sosial tersebut, dan menemukan Heriyanto kolega sesama komunitas asal Batam, dan kemudian berlanjut pada perkenalan dengan Bayu kolega lainnya.

"Beranjak dari sini kita mulai merekrut beberapa teman-teman yang punya Xpander di Batam dan memiliki keinginan untuk berkomunitas," jelasnya.

Hingga setelah mereka mendapat anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) X-MOC dari pusat, dan diharuskan ketika sebuah komunitas terbentuk untuk mendeklarasikan diri karena tidak boleh langsung ada, jadi pada Sabtu (7/12/2019) di Barelang Seafood diadakanlah kegiatan deklarasi sebagai bentuk peresmian X-MOC Kepri dan Chapter Batam.

Dwi Wahyu Bayu Kuntoro, Ketua Pengurus X-MOC Provinsi Kepulauan Riau mengatakan komunitasnya ini di Kepri telah memiliki keanggotaan di group Facebook sebanyak 50 orang lebih. Namun untuk yang resmi bergabung dengan official komunitas baru 20 orang.

"Kita ini masih baru, jadi mayoritas anggota kita banyak dari Batam, dan kita yakin keanggotaannya akan terus bertambah seiiring waktu," paparnya.

Keuntungan bagi yang bergabung dengan official komunitas disebutkan, kata Bayu, dapat menambah jejaringan atau relasi lewat silaturahmi dengan anggota-anggota yang ada. Selain itu juga memperdalam empati kepada sesama.

"Karena kita sering adakan bakti sosial, selain itu juga menambah ilmu atau pemahaman tentang kendaraan lewat sharing session, dan referensi tentang kendaraan juga akan bertambah, bahkan kadang akan didatangkan teknisi dari Jepang," terangnya.

Hal lainnya, kalau bergabung dengan komunitas secara resmi untuk komplain tentang kendaraan akan menjadi lebih mudah, dan komplain ini juga akan mudah tersampaikan hingga pusat. Jadi secara legalitas komunitas pasti diakui. Bahkan di website resmi perihal komplain juga terdapat e-form, untuk jalur buat komplain atau masukan bagi Mitsubishi.

"Seperti produk terbaru Xpander itu banyak masukan resmi dari X-MOC hingga keluaran terbaru ini merupakan hasil dari masukan banyak pihak. Organisasi kita didengar tidak hanya sekadar komunitas belaka. Ada efek berkesinambungan dan kita juga terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI)," tandasnya.

Untuk event ke depannya, Bayu mengatakan selain akan sering mengadakan kopdar juga bakti sosial. Ke depannya mereka juga akan mengadakan touring ke luar Batam, harapan terdekatnya Batam-Bintan.

Bripka Yoga IM, Ba Dikyasa Satlantas Resta Barelang di lokasi deklarasi berharap, komunitas X-MOC Kepri/Batam bisa menjadi pelopor dalam berkeselamatan berjalan raya. "Sehingga setiap anggota komunitas membawa contoh yang baik pada pengguna jalan raya lainnya, agar tercipta kondusifitas dalam berkendaraan," pungkas Yoga.

Editor: Gokli