Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirbinmas Polda Kepri Imbau Masyarakat Waspada Perubahan Cuaca
Oleh : Hadli
Jum\'at | 06-12-2019 | 14:40 WIB
angin-utara1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ombak angin utara yang meluap ke jalan. (Foto: Batamtodya.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Bimbingan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Kepri menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai perubahan cuaca penghujung tahun 2019.

Perubahan cuaca yang memasuki musim utara ini disertai hujan deras tidak hanya dapat menghambat aktifitas di laut, namun juga menghambatnya lalulintas darat dan udara.

"Kami menghimbau agar masyarakat Kepri dapat berhati-hati pada saat melakukan aktivitas di luar rumah," kata Direktur Binmas Polda Kepri Kombes Pol Bambang Sigit Priyono kepada BATAMTODAY.COM di Polda Kepri, Jumat (6/12/2019).

Mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri ini menambahkan, angin kencang yang disertai hujan dapat menyebabkan arus dan gelombang tinggi. Untuk itu, masyarakat yang melakukan aktifitas di laut dapat menghindari dari cuaca ekstrim tersebut.

"Sedapat mungkin hindari dari tempat terbuka, tidak menggunakan telpon genggam, hindari pantai yang mengalami arus kencang dan tinggi gelombang, jangan berteduh dibawah pokok saat hujan, karena sewaktu-waktu petir bisa menyambar atau terjadi pohon tumbang dan banjir," himbau mantan Kapolres Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah tersebut.

Dia mengatakan, tidak hanya angin kencang, tinggi gelombang, hujan dan petir, sewaktu-waktu dengan perubahan cuacara, juga dapat menyebabkan terjadinya angin puting beliung. Potensi terjadinya angin puting beliung ini berpotensi mengancam masyarakat khususnya wilayah pesisir.

"Dengan mempersiapkan diri melakukan langkah-langkah antisipasi, diharapkan kita dapat terhindar dari musibah atau dari bencana alam akibat perubahan cuaca," tutur Sigit

Sigit menuturkan, dalam menjaga keamanan dan kenyamana masyarakat, Polda Kepri, tambahnya telah memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Binmas dan Bhabinkamtibmas sampai tingkat Polres dan Polsek agar selalu hadir ditengah masyarakat.

"Bhabin salah satu ujung tombak, untuk itu Bhabin harus dekat dengan masyarakat. Bila perlu kunjungi setiap ada pertemuan atau rapat-rapat warga. Tanyakan mereka ada kendala apa, sehingga kita dapat langsung mengetahui keluh kesah dari masyarakat dan memberikan solusi terbaik," tuturnya.

Editor: Dardani