Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Berkat Jaya 2 Tenggelam di Perairan Sekera Bintan, Enam Kru Selamat
Oleh : Harjo
Jum\'at | 06-12-2019 | 08:28 WIB
kru-kapal.jpg Honda-Batam
Penjemputan kru kapal di bibir pantai. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapal KM Berkat Jaya 2 yang berlayar dari Selat Nenek, Kampung Bulang, Kota Batam tujuan Berakit, Kabupaten Bintan, tenggelam di perairan Kampung Sekera, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (5/12/2019) malam sekitar pukul 23.55 Wib.

Seluruh kru kapal berhasil menyelamatkan diri, setelah sekitar tiga jam berenang ke daratan pantai Sekera.

Kapten KM Berkat Jaya 2, Marwin (40), yang ditemui BATAMTODAY.COM di Satpolairud Polres Bintan, menyampaikan, kejadian nahas yang dialaminya bersama lima kru lainnya setelah kapal kayu berbobot 50 ton yang mereka tumpangi dihantam ombak tinggi sekitar empat meter.

"Sebelum tenggelam kita sempat menghubungi pengurus kapal di darat. Proses tenggelamnya kapal, hanya berlangsung sekitar 15 menit, setelah kapal bocor dan masuk air. Saat kapal tenggelam, kami semua baru melompat dari kapal untuk menyelamatkan diri," terangnya.

Kasat Polairud Polres Bintan AKP Suardi menyampaikan, saat mereka menerima laporan ada kapal tenggelam, anggota langsung diarahkan menuju pantai Sekera dan memberikan tanda menggunakan lampu, sebagai pentunjuk arah bagi kru kapal tersebut. Hingga akhirnya, kru kapal yang sampai ke tepi atau pantai Sekera.

"Seluruh kru kapal selamat dan saat ini sudah berada di kantor Satpolairud Polres Bintan di Tanjunguban, menunggu dijemput oleh keluarganya," ungkapnya.

Keenam kru kapal termasuk kapten yang memang beralamat di Batam, masing-masing Marwin (40) nakhoda kapal, Fauzi (25), Rustam (26), Wayang (21), M Syahrul (19) dan Yunus (50).

Editor: Chandra