Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Formasi CPNS Dinkes Anambas Tak Ada Peminat
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 05-12-2019 | 18:04 WIB
formasi-dokter-tak-diminati.jpg Honda-Batam
Linda Maryati, Kepala BKPSDM Kepulauan Anambas. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Rencana Pemerintah Kepulauan Anambas menambah tenaga dokter di sejumlah Rumah Sakit atau Puskesmas tidak berjalan mulus. Pasalnya, 2 kuota dokter spesialis penyakit dalam dan 4 kuota dokter gigi pada pendaftaran CPNS 2019 tidak ada peminat.

Padahal pelamar CPNS tahun ini sangat tinggi yaitu mencapai 1.950 orang. "Ada 4 formasi yang diusulkan Dinas Kesehatan pada CPNS 2019 tak ada peminat, yaitu 2 kuota dokter spesialis penyakit dalam, 4 dokter gigi, 3 asisten apoteker, dan 1 penata elektromedik," kata Linda Maryati, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Anambas, Kamis (5/12/2019).

Linda mengakui, kasus tersebut tidak hanya terjadi pada tahun 2019 saja, tetapi sudah terjadi pada penerimaan CPNS 2018 lalu. Dan itu tidak dialami oleh Anambas, tetapi cukup disulitkan oleh daerah lain.

"Sebelum mengusulkan formasi tersebut, kita sudah membuat pertimbangan dengan dinas terkait, tetapi karena bicara kebutuhan terpaksa tetap kita usulkan," jelasnya.

Linda menyinggung, formasi tersebut tidak bisa dialihkan ketika sudah mendapat petunjuk dari pusat. Sehingga, Pemkab Anambas tetap membuka pendaftaran.

"Kecuali tadi formasinya banyak peminat, tetapi salah satu instansi tak ada peminat, baru bisa dialihkan," terangnya.

Seperti diketahui, Pemkab Anambas membuka pendaftaran CPNS 2019 dengan kuota formasi sebanyak 189 yang terdiri dari 50 tenaga pendidik, 58 tenaga kesehatan, dan 81 tenaga teknis.

Editor: Gokli