PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 ABK KLM Citra Hasil Terombang-ambing di Lautan Selama 8 Jam
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 04-12-2019 | 19:40 WIB
selamat-10-abk.jpg honda-batam
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mu'min Maulana saat menerima 10 ABK KLM Citra Hasil yang diselamatkan KM Harmoni 7 di Pelantar II Tanjungpinang. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tak ada yang mengetahui KLM Citra Hasil tenggelam di Perairan Tambelan, Kabupaten Bintan, Selasa (3/12/2019) dini hari. Para ABK yang berjumlah 10 orang itu pun sempat terombang-ambing sebelum adanya bantuan.

Delapan jam lamanya, 10 orang yakni Afrizal selaku nakhoda, Herianto Usman selaku mualim, Basri selaku KKM, Martono selaku masinis, Abdul Rahman, Idriyan Putra, Nazaruddin, Bambang Irawan, Rocky Arnanda WS Kamberan, Andy Febrean Barus selaku kelasi itu terombang-ambing di lautan.

Hingga akhrinya kapal nelayan setempat melintas, dari kejauhan hanya seperti pompong yang sedang mengapung. Namun saat didekati, ternyata mereka adalah korban kapal tujuan Kalimantan-Dumai, Riau yang bernasib nahas.

Mursalim, Kapten KM Harmoni 7 yang menyaksikan para korban sedang mengapung saat itu mengira hanya sebuah pompong yang sedang mengapung. "Saya lihat dari jauh ada yang terombang-ambing, dikira kapal pompong. Sudah dekat baru lihat ternyata mereka (para korban)," kata Mursalim, Rabu (4/12/2019).

Awal kali didekati, Mursalim hanya melihat tujuh orang yang terapung. Saat itu tiga orang korban lagi terpisah, dikatahui ketika tujuh korban sudah dievakuasi ke atas kapal.

"Setelah korban naik kapal, ternyata ada terpisah tiga 3 orang. Tiga ini sudah di belakang. Habis itu saya bawa ke sini dan berkomunikasi dengan agen kapal," katanya.

Mendapat kabar kejadian itu, awalnya Tim SAR Gabungan langsung bergerak melaksanakan pencarian. Unsur SAR gabungan adalah Kantor SAR Tanjungpinang, KRI KRI Sutedi Senoputra/378, Syahbandar Tambelan, VTS BATAM, SROP Kijang, menggunakan peralatan komunikasi dan peratan lainnya.

Saat dilaksanakan pencarian, tiba-tiba pihak agen kapal memberitahu Tim SAR bahwa para korban telah ditemukan dengan kondisi selamat. "Kru kapal KLM Citra Hasil telah ditemukan dan dievakuasi oleh kapal nelayan KM Harmoni 7. Kondisi korban baik dan selanjutnya korban akan dibawa ke Tanjungpinang," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mu'min Maulana.

Selanjutnya, kata dia, Tim SAR menunggu para korban yang dievakuasi ke Pelantar II Tanjungpinang. Setibanya di Tanjungpinang, Tim SAR menyerahkan para awak kapal kepada perwakilan agen kapal.

Untuk data para korban saat ini masih dilaksanakan pendataan. "Setelah dievakuasi, korban kapal KLM Citra Hasil kita serahkan mereka kepada pihak agen di Pelantar 2," timpal Mu'min.

Editor: Gokli