PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

42 Kapal Siap Layani Penumpang Arus Mudik Natal dan Tahun Baru dari Sekupang
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 04-12-2019 | 12:41 WIB
pelabuhan-sekupang.jpg honda-batam
Kepala Pos Pelabuhan Domestik Sekupang, Parsaoran Samosir. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Pos Pelabuhan Domestik Sekupang, Parsaoran Samosir, menyebutkan sebanyak 42 kapal termasuk speedboat siap melayani penumpang di pelabuhan domestik dan pelabuhan rakyat (Pelra) Sekupang, Batam memasuki arus mudik Natal dan tahun baru.

25 unit diantaranya berada di pelabuhan nasional (Pelnas) atau domestik dan 17 unit dari pelabuhan rakyat Sekupang. Namun, untuk kapal yang berlayar tiap harinya ada sebanyak 24 kapal.

"Data kapal atau armada di pelabuhan ini ada sebanyak 42 kapal termasuk speedboat, diantaranya 25 unit di Pelabuhan nasional (Pelnas) dan 17 di pelabuhan rakyat (Pelra) Sekupang," ujarnya, Selasa (3/12/2019).

Sementara itu untuk lonjakan arus mudik penumpang memang belum terjadi, namun digambarkannya akan terjadi lonjakan saat tanggal 20 November hingga awal tahun baru 2020.

"Untuk saat ini belum terjadi lonjakan penumpang. Kemungkinan pada H-4 baru ramai penumpangnya," terangnya.

Untuk lonjakan disebutkannya lebih padat pada menjelang natal dan tahun baru yaitu kemungkinan terjadi pada H-4 hingga H-1, dengan total penumpang bisa mencapai 10 ribu orang lebih.

"Sedangkan untuk arus balik bisa juga lebih dari arus mudik tersebut, karena adanya kedatangan perantau baru," terangnya.

Saat ditanyakan persiapan arus mudik, Parsaoran menyebutkan masih belum ada, karna waktunya masih lama. Namun untuk pemeriksaan armada telah dilakukan karena dalam waktu dekat akan ada kunjungan Kementerian Perhubungan dari pusat untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Kalau untuk persiapan mudik belum ada. Cuma pemeriksaan terhadap kapal- kapal angkutan pemudik sudah dilakukan karena akan ada kedatangan Kementerian Perhubungan untuk melakukan pemeriksaan selanjutnya," pungkasnya.

Editor: Chandra