PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KLM Citra Hasil Tenggelam di Perairan Tambelan, Seluruh Awak Kapal Selamat
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 04-12-2019 | 11:28 WIB
abk-selamat11.jpg honda-batam
Evakuasi awak kapal KLM Citra Hasil yang tenggelam di Perairan Tambelan Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapal KLM Citra Hasil, yang berlayar dengan rute Kalimantan-Dumai, Riau, dilaporkan tenggelam di perairan Tambelan, Kabupaten Bintan, Rabu (4/12/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, 10 awak kapal yang ada di dalamnya berhasil diselamatkan oleh nelayan saat mengapung di tengah laut dengan menggunakan life jaket.

Mendapat kabar itu, Tim SAR gabungan langsung bergerak melaksanakan pencarian. Unsur SAR gabungan adalah Kantor SAR Tanjungpinang, KRI KRI Sutedi Senoputra/378.

Syahbandar Tambelan, VTS BATAM, SROP Kijang, menggunakan peralatan komunikasi dan peratan lainnya.

Saat dilaksanakan pencarian, tiba-tiba pihak agen kapal memberitahu Tim SAR bahwa para korban telah ditemukan dengan kondisi selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mu'min Maulana mengatakan Kru kapal KLM Citra Hasil telah ditemukan dan dievakuasi oleh kapal nelayan KM. Harmoni 7 saat melintas di perairan laut Tambelan.

"Kondisi korban baik dan selanjutnya korban akan dibawa ke Tanjungpinang," ujar Maulana.

Selanjutnya, kata Maulana, Tim SAR menunggu para korban yang dievakuasi ke Pelantar II Tanjungpinang. Setibanya di Tanjungpinang, Tim SAR menyerahkan para awak kapal kepada perwakilan agen kapal. Untuk data para korban saat ini masih dilaksanakan pendataan.

"Setelah dievakuasi, korbankita serahkan mereka kepada pihak agen di Pelantar 2," timpal Maulana.

Editor: Yudha