Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada! Musim Angin Utara Picu Ketinggian Gelombang di Perairan Kepri
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-12-2019 | 17:40 WIB
pantai-trikora-tpi.jpg Honda-Batam
Pantai Trikora Tanjungpinang. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Musim Angin Utara yang saat uji berlangsung telah memicu peningkatan ketinggian gelombang di sejumlah Perairan Kepulauan Riau (Kepri).

Pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, peningkatan ketinggian gelombang telah berlangsung hampir merata di perairan Kepri dengan tingkat ketinggian berbeda.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Khalid Fikri Nugraha, Senin (2/12/2019) mengatakan, peningkatan gelombang cukup signifikan terjadi di Perairan Natuna dan Anambas, yakni berkisar antara 0,5 hingga 3,5 meter.

"Bisa jadi lebih tinggi jika terjadi hujan. Terlebih saat terbentuknya awa cumulonimbus atau awan konfektif penghasil hujan," terangnya, seperti dilansir situs resmi Diskominfo Kepri.

Menurut Khalid, peningkatan gelombang cukup signifikan hanya berlangsung di Natuna dan Anambas. Perairan di sekitar Pulau Bintan, Batam, Lingga dan Karimun dia sebut masih dalam taraf aman, yakni berkisar antara 0,2 hingga 1,3 meter.

Terkait peningkatan gelombang ini Khalid mengimbau warga pengguna transportasi laut, khususnya nelayan untuk mewaspadai cuaca.

"Kami berharap untuk berhati-hati ketika melaut. Apalagi pada malam hari," sebutnya.

Menurut Khalid kecepatan angin saat ini masih dalam kategori normal, berhembus antara 5-20 km per jam.

Editor: Gokli