PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aksi Heroik Sertu Oloan Aritonang Gendong Penumpang Sakit ke KM Bukit Raya
Oleh : Kalit
Selasa | 03-12-2019 | 09:28 WIB
oloan-aritonang-heroik1.jpg honda-batam
Babinsa Desa Sebelat Kecamatan Midai, Sertu Oloan Aritonang menggendong warga yang sakit menaiki tanggan KM Bukit Raya. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sertu Oloan Aritonang, Babinsa Desa Sebelat Kecamatan Midai melakukan aksi nyata membantu masyarakat.

Ia tak segan-segan untuk menggendong warga yang sakit untuk menaiki Kapal Bukit Raya yang bersandar di Pelabuhan Midai Natuna, Senin (1/1/2019) pagi.

Sosok prajurit berbaju loreng TNI AD menggendong salah satu penumpang asal Midai yang sakit sehingga tidak dapat berjalan.

Hal ini berlangsung disaat Sertu Oloan melihat seorang remaja tanggung Warga Midai dalam kondisi kaki mengalami cedera, sehingga tidak mampu untuk berjalan apalagi harus menaiki tangga dengan kemiringan 60 derajat dari dasar pelabuhan menuju keatas kapal Bukit Raya.

Ia menggendong di punggungnya dan menaiki barisan anak tangga hingga menuju bagian dalam di ruangan dek penumpang. Prajurit ini juga mengajak beberapa masyarakat membantu warga lain yang menggunakan kursi roda.

"Penumpang dari Midai ada yang sakit, harus kita bantu untuk menaiki tangga kapal bukit raya untuk mencegah terjadinya musibah kecelakaan. Niat kita murni membantu, jangan sampai calon penumpang terjatuh saat menaiki tangga kapal Bukit Raya," ucap Sertu Oloan.

Sebagai garda terdepan Kodim 0318/Natuna di Kecamatan Midai, Sertu Oloan mempunyai rasa tanggung jawab kepada warga untuk selalu tanggap dan bersikap ramah tamah kepada warga.

Hal ini juga merupakan wujud nyata bentuk kepedulian kepada warga sekitar hingga terbentuk rasa kebersamaan antara TNI dan rakyat selalu terjalin tanpa ada batas.

Dijelaskan Sertu Oloan, selain menjaga keutuhan NKRI, kepentingan masyarakat akan selalu menjadi perioritas prajurit TNI AD di wilayah perbatasan. Senantiasa memberikan bantuan Tampa pamrih.

"Selain arahan komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol Ferry Kriswardana dan Komandan Koramil 05/Midai, hal ini merupakan 8 Wajib TNI. Pada point ke-8 adalah menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya," tutur Sertu Oloan.

Tindakan nyata tersebut mendapat tanggapan positif dari kalangan masyarakat.

"Sungguh mulia bapak Babinsa saat mengendong warga kami yang sakit, kami Warga Midai sangat bangga punya Babinsa seperti ini," ucap Andra, salah seorang warga.

Menurut ASN Pemda Natuna yang bertugas di Kecamatan Midai itu, tindakan nyata Babinsa sangat berarti bagi warga. Menurutnya, tentara tidak hanya menjaga keamanan, juga sangat perduli dengan masyarakat sekitarnya.

Editor: Yudha