Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelompok Tani Diharapkan Mampu Majukan Sektor Peternakan Lingga
Oleh : Wandy
Senin | 02-12-2019 | 09:28 WIB
poktan-pengusaha-lingga1.jpg Honda-Batam
Peresmian Bengkel Peternakan di Singkep Pesisir. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Kelompok Tani (Poktan) Pengusaha Muda Kabupaten Lingga membuka wadah Bengkel Peternakan yang dilaksanakan di sekretariat Poktan Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Minggu (30/11/2019).

Bengkel Peternakan tersebut diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Siswadi bersama Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Teuku Taufik Ardiansyah.

Siswadi mengatakan, pada prinsipnya harapan-harapan dari para pemuda saat ini yakni memiliki pemikiran-pemikiran yang kreatif serta berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada khususnya di bidang peternakan ini.

"Diharapkan para pemuda yang tergabung di dalam Kelompok Tani Pengusaha Muda ini, dapat bersinergi, antara pemerintah dengan masyarakat guna mewujudkan usaha dan cita-cita kita. Sehingga kedepannya peternakan di Kabupaten Lingga ini semakin maju," ujar Siswadi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Pengusaha Muda, Mohamad Imam Handoko menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dibentuk agar para pemuda di Kabupaten Lingga memiliki wadah tempat berkumpul dan belajar bersama dalam hal perternakan dan pertanian.

"Bengkel peternakan ini merupakan wadah tempat berkumpul dan belajar bersama serta saling berbagi pengalaman mengenai ilmu-ilmu peternakan dan juga pertanian yang bersifat praktis dan aplikatif," ungkap Imam.

Menurut Imam, Kabupaten Lingga saat ini tengah mengalami krisis petani millenial. Pasalnya jumlah petani muda di Kabupaten Lingga sangat nihil yang ada hanya petani yang sudah berumur atau tua yang usianya sudah tidak produktif lagi.

"Maka dengan wadah ini kedepannya Kabupaten Lingga mampu menjadikan salah satu inovasi didalam mengembangkan SDM di bidang peternakan yang modern dan berintegritas sehingga kelangkaan dan kurangnya serapan petani muda di Kabupaten Lingga ini dapat teratasi," jelas Imam.

Editor: Yudha