Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seru! Emak-emak Berebut Hadiah Jutaan Rupiah Lomba HUT Polairud 69
Oleh : Hendra
Kamis | 21-11-2019 | 15:52 WIB
hut_polair_69.jpg Honda-Batam
Lomba Sampan Campang emak-emak di Pelabuhan Rakyat Tanjungriua, Batam dalam rangkaian kegiatan HUT ke-69 Ditpolairud RI di Kepri (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegiatan lomba pacu sampan menjelang sempena HUT ke 69 Ditpolairud RI tidak hanya diikuti kaum pria semata. Kegiatan lomba juga turut dimeriahkan emak-emak demi merebut hadiah jutaan rupiah.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi kegiatan pada sesi terakhir setelah lomba Sampan Ketinting, pacu Sampan Campang menjadi parade emak-emak untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang disediakan panitia.

Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah memberi apresiasi atas kepesertaan ibu-ibu ini. Ia juga mengatakan sebelumnya, peserta lomba tidak hanya didominasi kaum pria, namun kaum ibu-ibu juga turut memeriahkan perlombaan yang diadakan dalam rangkaian kegiatan jelang HUT ke-69 Polairud RI.

"Hal ini menunjukkan, bahwa sebagai negeri bahari kemampuan kemaritiman tidak dimiliki pria semata, akan tetapi oleh semua golongan gender," ujarnya, Kamis (21/11/2019) di sesi wawancara bersama awak media di lokasi kegiatan Dermaga Pelabuhan Rakyat Tanjuriau, Kecamatan Sekupang, Batam.

Hal ini kata Yan Fitri menunjukkan arti bahwa kesetaraan gender di Kepri juga turut diapresiasi. Nelayan tidak hanya didomininasi kaum laki-laki, akan tetapi kaum perempuan juga tangguh dalam mengharungi lautan.

Yan Fitri berharap agar kedepannya perlombaan ini bisa menjadi ajang wisata bahari yang dapat dipertontonkan setiap tahunnya, karena turut menjunjung nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Batam dan Kepulauan Riau.

"Jadi lomba yang diadakan Polairud ditujukan untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat. Semoga kedepannya bisa menjadi wisata bahari yang dipertontonkan setiap tahun," pungkasnya.

Editor: Surya