PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi IPA Mukakuning, ATB Edukasi Pelajar SLB Putera Kami Hemat Air
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-11-2019 | 08:28 WIB
siswa-slb-lihat-ipa.jpg honda-batam
Pelajar SLB saat berkunjung ke IPA ATB di Mukakuning, Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai perusahaan pelayanan air bersih di Batam, PT Adhya Tirta Batam (ATB) tidak hanya fokus pada orientasi keuntungan semata. ATB memiliki bentuk tanggung jawab memberikan program edukasi terhadap pelajar dan masyarakat.

Beragam sekolah tertarik untuk berkunjung ke area Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dikelola ATB. Bahkan, ATB jadi rujukan favorit dan masuk dalam kalender tujuan edukasi sejumlah sekolah di Batam.

Tidak hanya sekolah reguler, Sekolah Luar Biasa (SLB) juga cukup antusias dan bersemangat mengikuti program edukasi ATB. "Kami ingin memperkenalkan ke anak-anak bagaimana proses pengolahan air bersih yang dilakukan ATB sehingga air bisa dinikmati dirumah," ujar Kepala Sekolah SLB Putera Kami Batam, Hefrina, saat membawa 80 anak didiknya di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mukakuning, Selasa (19/11/2019).

Meski anak-anak berkebutuhan khusus, kunjungan edukasi berjalan lancar tanpa hambatan. Anak-anak bahkan menikmati field trip edukasi bersama ATB. Informasi yang diberikan jadi wawasan bagi setiap siswa.

"Pengetahuan dan wawasan harus kami berikan karena setiap anak juga memiliki kemampuan menyerap informasi sesuai dengan keterampilan dan kemampuan berfikir mereka. Kami sangat senang bisa berkunjung ke ATB, baik orang tua ataupun pihak ATB juga mendukung kami selama berkunjung," tambah Hefrina.

Program edukasi yang digelar ATB lebih memperkenalkan pentingnya hemat air bersih, mengingat sumber air di Kota Batam sangat terbatas. Air bersih yang digunakan sehari hari berasal dari curah hujan yang ditampung di dalam waduk/dam buatan.

"Ada yang tau air bersih di Batam berasal dari mana," ujar Panji tim Edukasi ATB memberikan pengantar kepada siswa SLB.

Lebih dari itu, anak-anak juga diberikan informasi bagaimana ATB mengolah air baku hingga menjadi air bersih. Tidak hanya sebatas informasi secara tertulis, namun setiap sekolah yang berkunjung diajak langsung melihat proses produksi di lapangan.

Secara bergantian siswa sekolah mendapat penjelasan proses produksi yang dilakukan ATB, siswa terlihat bersemangat melihat proses produksi air bersih yang ada di IPA Mukakuning. Setiap siswa didampingi sejumlah Guru bersama tim teknis bagian produksi di lapangan.

"Daerah sedimentasi ini salah satu bagian dari proses produksi air setelah air baku diambil dari waduk/dam melalui aerator," jelas Nana Juana, tim Produksi IPA Mukakuning.

Program edukasi ATB diharapkan bisa menjadi wadah bagi siswa sekolah guna mendapatkan wawasan seputar air bersih maupun seputar ATB sebagai pengelola air bersih. Pembekalan wawasan sejak usia dini dalam menjaga sumber air dan lebih utama menanamkan budaya hemat air.

"Jadi kita di rumah harus lebih berhemat dalam menggunakan air ya, baik untuk mandi mencuci dan lainnya. Karena sumber air kita di Batam sangat terbatas," tambah Panji.

Editor: Gokli