PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diberi Dispensasi 49 Persen Penumpang Non Seat

Pelni Batam Tetap Utamakan Keselamatan di Tengan Penambahan Jumlah Penumpang
Oleh : Hendra
Selasa | 19-11-2019 | 17:40 WIB
dicky-pelni-btm.jpg honda-batam
Kepala Unit Operasional Pelni Batam, Dicky Dermawan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Unit Operasional Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam, Dicky Dermawan, mengatakan, meski akan ada dispensasi non seat yang diberikan sebanyak 49%, Pelni akan tetap mengutamakan keselamatan dalam pelayaran.

"Kapasitas kita 2.607 per keberangkatan. Nanti biasanya mendekati min-plus keberangkatan akan ada dispensasi sebesar 49%, yaitu 1.258 non-seat, jadi totalnya 3.865," ujarnya, Selasa (19/11/2019), di Kantor Pelni, Jalan RE Martadinata, Tanjungpinggir, Sekupang, Batam.

Dalam setiap pelayaran, Pelni akan tetap mengutamakan keselamatan penumpang. Terkait jumlah penumpang dengan dispensasi non seat, menurutnya masih mumpuni jika merujuk pada kapasitas KM Kelud sesuai acuan Internasional Maritim Organization (IMO).

Hanya saja bagi yang non seat, persoalan utama mereka mungkin lebih pada kenyamanan (tidak dapat tempat duduk, dan tempat tidur). "Kita memiliki standart Ocean Internasional. Stabilitas kapal InsyaAllah aman, tetapi perihal kenyaman itu yang jadi persoalan," terangnya.

Persoalan lainnya, mengenai kerja sama pengamanan saat H-7 Natal, Dicky mengatakan sama seperti setiap tahunnya. Pelni dari pusatnya telah bekerjasama dengan TNI-Polri.

"Pengamanan kita pasti akan ada, yakni dengan Marinir AL di H-7 nantinya," pungkas Dicky.

Editor: Gokli