PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mati Suri dan Tak Berkontribusi ke PAD

Fraksi PAN Sarankan Perusda Anambas Beroperasi Kembali
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 19-11-2019 | 16:40 WIB
wan-jawab.jpg honda-batam
Wakil Bupati Wan Zuhendra saat menyampaikan tanggapan atas pandangan fraksi DPRD Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kepulauan Anambas sayangkan perusahaan daerah (Perusda) tak kunjung beroperasi. Padahal, sebenarnya Perusda memiliki andil yang besar dalam mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

"Pemda harus lebih kreatif dan aktif lagi dalam menggali sumber PAD. Salah satunya melalui Perusda, seharusnya ini sudah bisa memberikan PAD. Namun tak terealisasi karena Perusda belum aktif," kata Sekretaris Fraksi PAN, Siti Bayu, Selasa (19/11/2019).

Menurut PAN, selain mendongkrak PAD, Perusda juga memiliki fungsi dalam menstabilkan harga sembako. "Ini yang harus dikejar cepat," jelasnya.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menanggapi, saat ini pihaknya masih konsen menyusun rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perusda.

"Kalau Perda sudah selesai, Perusda akan beroperasi kembali. Saat ini kami masih menyusun Ranperda. Dan akan dilanjutkan dengan membuka pendaftaran calon kepengurusan," ucapnya.

Seperti diketahui, saat ini Perusda Anambas Sejahtera mati suri bahkan kepengurusannya telah diambil alih oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Anambas. Dengan alasan, Perusda tak pernah menyumbang PAD selama mengelola pasar.

Editor: Gokli