Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Fraksi DPRD Anambas Setujui Ranperda Pembentukan Bakesbangpol
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 18-11-2019 | 18:52 WIB
bakesbangpol-anambas.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Paripurna DPRD Anambas menyetujui pembahasan dan pembentukan Bakesbangpol. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Lima Fraksi DPRD Kepulauan Anambas menerima dan menyetujui Ranperda Pembentukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) untuk dibahas tingkat selanjutnya. Pasalnya, hal tersebut merupakan amanah Undang-undang dan ditindaklanjuti dengan Permendagri nomor 11 tahun 2019.

"Sebelumnya Bakesbangpol Anambas menyatu dengan Penanggulangan Bencana Daerah. Adanya Permendagri 11 nomor 2019, maka Pemda memfokuskan tugas dan fungsi Bakesbangpol dalam meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat dan berideologi. Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga sudah terbebtuk. Sehingga kita wajib melaksanakannya," kata Ayub, Sekretaris Fraksi PPP Plus, Senin (18/11/2019) saat menyampaikan pandangan fraksi di Gedung Rapat Paripurna DPRD Anambas.

Sementara, Fraksi PDI Plus menilai, Baksebangpol sebentar lagi akan memiliki aktivitas yang padat. Mengingat, Anambas akan menyelenggarakan Pilkada 2020 mendatang.

Untuk itu, Fraksi PDI Plus menyarankan Pemda untuk membentuk Perbup, agar Bakesbangpol dapat bekerja pada awal 2020 mendatang. "Selain memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan, Bakesbangpol juga memiliki tugas memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang demokrasi dan politik. Apalagi sebentar lagi kita akan menjalani Pilkada, maka Bakesbangpol akan memiliki aktivitas yang padat," ucap Yusli YS saat menyampaikan pandangan Fraksi PDI Plus.

Sedangkan Fraksi Karya Indonesia Raya, yang dibacakan oleh Rocky H Sinaga, menegaskan bahwa wawasan kebangsaan secara nasional mengalami penurunan. Sehingga Bakesbangpol harus maksimal bekerja dalam meningkatkam wawasan kebangsaan masyarakat.

"Wawasan kebangsaan masyarakat Indonesia secara umum menurun, maka dari itu, Bakesbangpol harus lebih giat lagi turun ke lapangan, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan ideologi," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Fraksi Amanat Nasional dan Bintang Nasional Indonesia, Kedua Fraksi tersebut sama-sama menyetujui Ranperda Pembentukan Bakesbangpol dibahas ketingkat selanjutnya. Namun, Kedua Fraksi tersebut menyarankan Pemda untuk memperhatikan sisi anggaran.

"Selain fokus pada program, Bakesbangpol juga butuh dukungan anggaran. Olehkarena itu, Bakesbangpol harus mendapat anggaran sesuai yang dibutuhkan," ucap Amat Yani dari Fraksi Bintang Nasional Indonesia dan Siti Bayu dari Fraksi Amanat Nasional.

Editor: Gokli