Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

14 Unit Roket Astros II MK 6 AV Perkuat Keamanan Wilayah Natuna
Oleh : Kalit
Kamis | 14-11-2019 | 08:40 WIB
alutista-natuna1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

14 Unit Roket Astros II MK 6 AV tiba di Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sebagai daerah perbatasan dengan negara luar Asean seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan Laut Cina, Rai Armed Batalion Garda Pati I Natuna kini diperkuat 14 unit Roket Astros II MK 6 untuk mempertahankan keamanan.

Kabupaten Natuna merupakan suatu daerah perbatasan yang memiliki Batalion Komposit 1/Gardapati Natuna yang merupakan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat mendesak dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat.

Batalion ini meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional.

Komandan Batalyon Komposit 1/Gardapati Letkol Inf Rahmat mengatakan satuan ini meliputi satuan Kompi Zeni Tempur, Baterai Rudal Artileri Pertahan Udara dan Baterai Artileri Medan beserta Danki markas, A dan B.

"Kini Rai Armed Batalion Komposit Garda Pati I Natuna memiliki Multiple Launcher Rocket System (MLRS) Astros II MK 6 AV atau Roket Astros merupakan Senjata terbaru buatan Avibras Aeroespecial Brasil memiliki daya jangkau sejauh 300 km dan mempunyai daya ledak hancur hingga radius satu hektar persegi," terang Rahmat.

Selanjutnya, Lettu Arm Alexander Argo sebagai Komandan Raiarmed Yonkomposit 1/GP Natuna menyambut kehadiran Alutista baru 14 unit Astros yang dibawa Kapal LCT Perkasa Prima 7 di Pelabuhan Selat Lampa, Natuna (14/11) untuk selanjutnya digeser sebagai alutsista RaiArmed Yonkomposit I/GP Natuna.

Dalam hal ini, Tim Peninjau Kagupusran Ditpalad, Kasimatut Bagbinmat Sdirbins, PT Poris dan PT Duta Sarana Transportasi memastikan progres pengirim 14 Unit Astros dalam keadaan aman tiba di Pelabuhan Selat Lampa Natuna yang akan segera di bawa ke Rai Armed Yonkomposit I /GP Natuna.

Editor: Yudha