Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasca Bom Bunuh Diri Mapolrestabes Medan, Polres Bintan Perketat Pengamanan
Oleh : Harjo
Rabu | 13-11-2019 | 16:52 WIB
wakapolres-bintan.jpg Honda-Batam
Wakapolres Bintan, Kompol Dandung Putut Wibowo saat memimpin apel kesiapsiagaan pasca ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11/2019). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan memperketat pengamanan, pasca ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11/2019).

Setelah informasi ledakan ini tersiar, Polres Bintan langsung menggelar apel kesiapsiagaan dan pelaksanaan latihan Sispam Mako serta penggelaran sarana dan prasarana dalam mengantisifasi kejadian bom bunuh diri seperti yang terjadi di Medan.

Wakapolres Bintan, Kompol Dandung Putut Wibowo yang memimpin apel tersebut, menyampaikan agar personel penjagaan baik dari Satsamapta, SPKT dan piket fungsi agar mempedomani pola Pam Mako dan SOP yang berlaku. Mempertebal petugas penjagaan dengan cara body sistem.

Selain itu, melakukan pemeriksaan kepada seluruh anggota Polri dan masyarakat dan tamu yang akan memasuki Mapolres Bintan dan Polsek, dengan melakukan pengecekan kendaraan, barang bawaan serta menggunakan bet tanda pengenal tamu.

"Selalu waspada terhadap orang atau barang yang dicurigai yang masuk ke kantor dan jangan teledor terhadap siapapun yang akan memasuki Mapolres. Mengarahkan kendaraan yang akan parkir untuk dijauhkan dari ruangan ruangan kantor," tegasnya.

Selain itu, sambungnya, Kasat Tahti dan Piket Tahanan agar memperhatikan masyarakat yang ingin membesuk tahanan dan memeriksa setiap barang bawaan dan agar tetap mematuhi jam besuk tahanan. Memeriksa gudang senjata dan memeriksa kelaiakan senjata guna mendukung operasional Polres Bintan.

"Fungsi Reskrim atau Opsnal agar selalu memonitoring dan memetakan wilayah yang rawan terhadap tindakan terorisme di wilayah Bintan," harapnya.

Selanjutnya, jajaran Intelkam melakukan penyelidikan dan pulbaket (early warning) terhadap potensi konflik yang berimplikasi terjadinya aksi terorisme dan melakukan koordinasi dengan FKUB Bintan guna dapat memberikan sosialisasi ataupun pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya paham radikalisme dan aksi terorisme.

Editor: Gokli