Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apindo Gandeng Disnakertran Kepri Gelar Bursa Kerja di Batamindo
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 12-11-2019 | 12:28 WIB
Logo-APINDO-Antaranews.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Logo Apindo. (Foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Batam - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kepri bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnarkertran) Provinsi Kepri akan menggelar bursa kerja pada 21 hingga 22 November mendatang di kawasan industri Batamindo Mukakuning Batam.

Demikian ungkap Ketua APINDO Batam, Rafki, Selasa (12/11/2019) mengatakan, sebanyak 30 perusahaan akan berpartisipasi dalam bursa kerja tersebut.

"Untuk kondisi seperti sekarang ini menurut saya job fair masih sangat efektif untuk menekan tingkat pengangguran," kata Rafki.

Ia menjelaskan, bursa kerja kali ini diadakan oleh Disnaker Provinsi Kepri bekerja sama dengan APINDO Provinsi Kepri, Himpunan Kawasan Industri (HKI) Provinsi Kepri, APINDO Kota Batam, dan Batamindo.

Diungkapkannya, dalam kurun waktu satu minggu sosialisasi, sudah ada sekitar 12 perusahaan yang mendaftar. Target maksimalnya adalah 30 perusahaan tak hanya dari Batam, tapi perusahaan yang mendaftar juga ada dari daerah lain di Kepri seperti Bintan dan Karimun.

"Kita tahu angkatan kerja selama ini lebih terkonsentrasi di Batam. Jadi dengan event dua hari ini mereka bisa juga menjajaki untuk bekerja di daerah lain selain Batam," ujarnya.

Menurutnya, dalam sebuah job fair antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja langsung bertemu dan melakukan interaksi untuk menjajaki kecocokan dan akhirnya berujung pada kontrak kerja.

Bidang pekerjaan yang masih unggul menurutnya tetap saja di bidang manufaktur. Dari perusahaan yang sudah mendaftar kebanyakan untuk pekerjaan manufaktur.

"Kita berharap pencari kerja yang datang ke job fair nanti tidak hanya pekerja unskilled namun juga skilled labor. Dengan begitu kebutuhan perusahaan untuk skilled labor visa terpenuhi," tegasnya.

Editor: Dardani