Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Buka Lowongan CPNS Sebanyak 140 Formasi, Pendaftaran Mulai Hari Ini
Oleh : Nando Sirait
Senin | 11-11-2019 | 18:16 WIB
jef-cpns.jpg Honda-Batam
Sekda Batam, Jefridin. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, resmi membuka pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Pendaftaran CPNS sendiri mulai dibuka sejak Senin (11/11/2019), hingga Senin (25/11/2019) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin menuturkan, sesuai dengan kuata yang diterima berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 668 tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil di Lingkungan Kota Batam, Pemko mendapatkan tambahan kuota sebanyak 140 formasi.

"Dengan rincian Tenaga Pendidikan 71 formasi, Kesehatan 42 formasi dan Tenaga Teknis 27 formasi. Hari ini sudah dimulai pendaftaran CPNS sesuai kebijakan Pak Wali," tuturnya, Senin (11/11/2019).

Jefridin melanjutkan, untuk pendaftaran dilakukan secara online melalui portal http://sscasn.bkn.go.id. Kemudian lamaran ditujukan kepada Wali Kota Batam c.q Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan CPNS Kota Batam Tahun 2019.

Format surat lamaran juga dapat diunduh di laman: https://bkpsdm.batam.go.id atau https://mediacenter.batam.go.id.

Sementara untuk verifikasi persyaratan pendaftaran dilakukan mulai 11 November hingga 6 Desember 2019, pengumuman hasil seleksi sdministrasi berkas juga akan dilakukan pada 9 Desember 2019. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini diberi masa sanggah hasil pengumuman mulai dari tanggal 10-12 Desember.

"Jika ada kesalahan nanti ada masa sanggah, ada waktu tiga hari yang diberikan untuk melakukan sanggahan," paparnya.

Pengumuman jadwal seleksi sendiri, diakuinya akan dilakukan pada Januari mendatang dan seleksi kompetensi bidang akan dilakukan pada bulan Maret. Untuk kompetensi ini, Jefridin menuturkan masih akan menggunakan sistem CAT, dan waktu pelaksanaan akan diumumkan lebih lanjut melalui website.

"Pelaksanaan tes CAT akan kita lakukan di Gedung Bersama, dan kita bekerjasama dengan BKN sama seperti tahun lalu," lanjutnya.

Jefridin juga mengimbau agar peserta tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan menyediakan sejumlah uang. Katanya, Pemko Batam tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun dari oknum yang mengatasnamakan Tim Pengadaan CPNS Tahun 2019.

Editor: Gokli