Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ancam Keamanan Privasi, Ini 5 Cara Hilangkan Spyware dari Ponsel
Oleh : Redaksi
Senin | 11-11-2019 | 10:52 WIB
spyware1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ponsel yang diserang malware pengintai atau spyware tentu dapat mengancam keamanan data privasi pemiliknya. Jika terdapat tanda-tanda dan telah ditemukan ada spyware di dalam aplikasi ponsel, ada baiknya Anda segera menghapus malware berbahaya tersebut.

Spyware biasanya akan sulit terdeteksi dan dihilangkan, sehingga perlu melakukan beberapa cara untuk memastikan ponsel telah terbebas dari intaian peretas. Dikutip dari zdnet, berikut cara menghilangkan spyware dari ponsel.

1. Gunakan aplikasi antispyware
Jika Anda pengguna Android, terdapat beragam aplikasi yang dapat melacak spyware, sekaligus memblokirnya dari ponsel Anda.

Fitur pemindai malware biasanya juga dapat ditemukan pada aplikasi khusus anti spyware atau antivirus yang dapat diunduh secara gratis. Pastikan juga aplikasi tersebut telah terpercaya.

Jika aplikasi telah mendeteksi spyware, aplikasi akan secara otomatis menghapusnya. Hal ini merupakan solusi awal yang mudah untuk dilakukan.

2. Ganti password
Cara ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dari peretas. Spyware dapat mengambil password Anda, sehingga menggantinya menjadi cara yang tepat walau sebenarnya belum tentu efektif.

3. Gunakan verifikasi dua tahap (two step verification)
two-step verification ini menggunakan dua metode otentikasi untuk memverifikasi bahwa seseorang yang berusaha masuk ke dalam akun adalah orang yang sesuai.

4. Perbarui Sistem Operasi (Operating System/OS)
Berdasarkan pixelprivacy, pengguna ponsel disarankan untuk melakukan pembaruan sistem operasi (OS) terbaru. Biasanya pembaruan OS akan membawa pembaruan yang memperbaiki celah keamanan sebelumnya.

5. Jika belum yakin, Atur Ulang ponsel Anda
Mengatur ulang (reset) ponsel kembali seperti kondisi pabrik merupakan cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghapus perangkat malware yang tersimpan di ponsel. Sebelum mengatur ulang, cadangkan (backup) dokumen penting seperti kontak dan foto.

Cara untuk me-reset ponsel Android yakni: buka Settings > General Management -> Reset -> Factory Data Reset. Sementara pada iOS, buka Settings -> General -> Reset.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha