Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh WNI Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini
Oleh : Irawan
Minggu | 10-11-2019 | 12:04 WIB
syafrudin_kemendagri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin memimpin Hari Pahlawan di Kemendagri

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin mengatakan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dapat menjadi pahlawan masa kini. Hal itu dikatakannya saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di Halaman utama Kantor Kemendagri, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, dan sebagainya," kata Syarifuddin.

Menurutnya, menjadi pahlawan masa kini dapat ditujukan dengan prestasi dalam berbagai aspek kehidupan serta bermanfaat dalam kehidupan sosial.

"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional," ujarnya.

Tak hanya itu, ia berharap peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November ini, dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

"Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan membuat konflik satu sama lain," tegasnya.

Tak hanya itu ia juga meminta agar peringatan Hari Pahlawan tak hanya dijadikan seremonial belaka, namun perlu dimaknai dan diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menimbulkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian antar sesama.

"Dengan menjadikan diri kita pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju, sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri," ajak Syafruddin.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 berlangsung khidmat di Halaman utama Kantor Kementerian Dalam Negeri. Upacara diikuti oleh seluruh ASN lingkup Kemendagri tanpa terkecuali.

Editor: Surya