PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alami Penurunan Nilai, Pemko Cari Formulasi Kembalikan Performa DPMPTSP Batam
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 09-11-2019 | 17:16 WIB
ams-wawa-btm.jpg honda-batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Amsakar Achmad menyatakan saat ini pihaknya tengah mencari formulasi guna mengembalikan performa maksimal, dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Batam.

Hal ini dilontarkannya, setelah adanya penurunan nilai dari yang sebelumnya DPMPTSP Kota Batam, yang menerima nilai A. Saat ini harus puas menerima nilai A- (minus), dalam Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Wilayah I, yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu di Batam.

"Kemarin kita dapat tiga penghargaan, RSUD Embung Fatimah, DPMPTSP, dan juga Disdukcapil. Dari tiga penghargaan tersebut, ada dua yang akan kita evaluasi kembali," ungkapnya, Sabtu (09/11/2019).

Adanya penurunan performa ini, menurutnya dikarenakan belum adanya terobosan baru yang dilakukan dinas terkait walau saat ini diketahui pihaknya tengah mengembangkan Online Single Submission (OSS).

Dalam kesempatan ini, Amsakar juga menyatakan, beberapa kota lainnya yang sebelumnya belajar ke DPMPTSP Kota Batam, saat ini sudah lebih maju dalam hal integritas data. "Tetapi daerah lain sudah ada yang menerapkan integrasi sistem seperti itu," tuturnya.

Sayangnya, integrasi sistem ini belum dapat terbangun. Karena memang pelayanan perizinan yang dilakukan tidak semuanya serta merta dapat terkoneksi. Untuk tahap awal, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam terkait pengembangan dan penyatuan sistem tersebut.

"Harus diolah kembali. Saya dan Pak Wali tengah mencari formula khusus, untuk penyatuan sistem OSS dengan BP Batam. Bima saja sudah terkoneksi dan terintegrasi semua. Kita harus bersungguh-sungguh lagi untuk mengejar capaian itu," paparnya.

Sementara itu, salah satu dinas lainnya yang mengalami penurunan nilai adalah Disdukcapil Kota Batam, yang hanya menerima nilai C. Di mana keluhan masyarakat mengenai pelayanan, menjadi salah satu faktor utama yang menjadi penilaian Pemerintah Pusat.

Guna mengantisipasi hal ini, pihaknya akan melakukan kunjungan ke Disdukcapil, guna melihat langsung mengenai permasalahan yang dialami oleh masyarakat Kota Batam. "Saya akan ke sana dalam waktu dekat, guna melihat langsung performa ASN kita dalam melayani masyarakat Batam," tuturnya.

Editor: Gokli