PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kak Seto Ingatkan Masyarakat Lingga Tidak Menggunakan Kekerasan dalam Mendidik Anak
Oleh : Wandy
Jum\'at | 08-11-2019 | 11:04 WIB
kak-seto1.jpg honda-batam
Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Kak Seto saat seminar di Dabo Singkep, Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dalam rangka memberikan edukasi kepada anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar seminar yang dilaksanakan di Halaman Gedung Nasional Dabo Singkep, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan yang bertajuk "Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak" itu dibawakan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto.

Kak Seto mengatakan para orangtua untuk tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik anak. Namun didik mereka dengan penuh cinta, karena segala sesuatu didasari dengan cinta, maka akan tercipta etika.

"Anak-anak harus dididik dengan penuh kasih sayang, tanpa adanya kekerasan terhadap mereka. Maka didiklah anak-anak kita dengan cinta," kata Seto di Dabo Singkep.

Menurut Seto, semua anak pada dasarnya cerdas hanya saja anak memiliki kecerdasan pada bidang-bidang tertentu untuk menunjukkan ekspresi. Karena hak dasar anak adalah bermain.

"Untuk itu pendidikan adalah hak anak, belajar adalah untuk anak namun wajib belajar bukanlah untuk anak. Maka berikanlah suasan yang penuh dengan kekuatan cinta," ungkap Seto.

Sehingga mendidik anak jangan menggunakan kekerasan karena akan berpengaruh pada memori dan psikologi mereka.

"Pengalaman-pengalaman kekerasan itu tanpa sadar akan terekam dalam otak anak-anak, dan terbawa hingga mereka dewasa," ujarnya.

Editor: Yudha