Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Usulkan Pembangunan 5 Menara Masjid Sultan Riayat Syah Batuaji
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 07-11-2019 | 08:28 WIB
masjid-agung-batam11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Keramaian pengunjung pada saat pembukan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/9/2019) lalu. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang akan menyampaikam usulan pembangunan 5 menara setinggi 77 meter dalam tahapan lanjutan pembangunan Masjid Sultan Riayat Syah, Batu Aji.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar menyampaikan adanya usulan ini juga telah dibahas bersama Komisi III DPRD Kota Batam beberapa waktu lalu. Nantinya pembangunan 5 menara ini akan mengelilingi setiap sudut ka'abah utama dan sudut koridor.

Untuk proyek lanjutan ini, pihaknya membutuhkan kucuran APBD sebesar Rp 42 miliar, belum mencakup fasilitas Masjid, seperti AC, karpet, lighting dan lain sebagainya.

"Sebelumnya memang dirancang 6 menara. Satu menara pandang dan 5 menara untuk memperbagus bangunannya. Karena ada kebutuhan lain, 5 ini memang kita pending tak masuk dalam kontrak yang sekarang," terangnya, Kamis (7/11/2019).

Ia melanjutkan pihaknya sudah membuat konstruksinya. Sesuai rencana 5 tiang ini akan dibangun menggunakan baja. Pembangunan menara lanjutan ini, akan berbeda dengan menara setinggi 99 meter yang sudah ada sebelumnya.

"Alkurnya sudah kita siapkan. Makanya kita usulkan kembali 2020 ini. Yang didepan 99 meter itu menara pandang," lanjutnya.

Secara keseluruhan total biaya pembangunan dan fasilitas, pihaknya membutuhkan dana APBD sekitar Rp 107 miliar. Hal ini sendiri akan mulai dilaksanakan, namun masih menunggu keputusan paripurna.

"Tunggu paripurna, selanjutnya kontrak baru dilelang untuk pembangunan lanjutan," jelasnya.

Editor: Yudha